SUMSEL

PT PGN Bersama Rumah Zakat Adakan Pengobatan Gratis

SIBERNAS.com, Musi Banyuasin –  PT. PGN Bersama Rumah Zakat kembali mengadakan layanan aksi siaga sehat Mobil Sehat PT Perusahaan Gas Negara (Moseh PGN) bekerja sama dengan Rumah Zakat di Desa Simpang Tungkal, Kec. Tungkal Jaya, Kab. Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Rabu(20/2/2019).

Ihsan Ridwan Project Coordinator Rumah Zakat mengatakan bahwa menjadi program reguler di Desa Simpang Tungkal layanan kesehatan moseh PGN yang menjadi pilihan alternatif akses kesehatan bagi warga Desa Simpang ungkal yang menjadi solusi bagi warga yang memiliki masalah ekonomi dalam mengakses kesehatan.

“Layanan kesehatan moseh pgn selalu di tunggu kehadiran tiap bulannya oleh warga desa karena kebermanfaatan yang di berikan oleh program layanan kesehatan tersebut di rasakan langsung oleh semua warga. Aksi yang dimulai pada pukul 13:00 s/d 16:00, Acara dimulai dengan pembukaan oleh PIC dan diteruskan penyuluhan yang disampaikan olah dokter arnida tentang Hipertensi”, tambah ihsan.

Lihat Juga :  Belum Tahu Kapan Berangkat, Antrean Haji Sumsel 140 Ribu Orang

Salah satunya Dania (31) bersama kedua anaknya Dewi (8) dan Dini (6) warga Desa Simpang Tungkal yang rutin ikut layanan kesehatan moseh PGN setiap di adakan di Desa Simpang Tungkal “terbantu sekali saya selalu rutin cek USG kehamilan anak saya yang ke 3 ini di layanan kesehatan PGN ini, dan saya selalu bawa dua anak saya untuk cek kesehatannya juga di sini” ujar Dania

Setelah penyuluhan, pasien menunggu dipanggil namanya untuk tensi darah dan konsultasi masalah penyakit yang diderita ke dokter umum, konsultasi sakit gigi ke dokter gigi, dan pemeriksaan kandungan dengan USG.

Masih kata Ihsan pasien melakukan cek metabolik (asam urat, gula darah, kolestrol) jika dianjurkan oleh dokter umum dan jika ada yg ingin mengetahui golongan darah ke cek golongan darah. Setelahnya pasien pergi ke bagian obat untuk mengambil obat sesuai resep yang diberikan oleh dokter. Dan pemberian makanan tambahan kepada lansia berupa susu kalsium dan balita berupa susu, biskuit dan buah apel.

Lihat Juga :  Presiden Berikan Tambahan Modal Pedagang di Pasar Baru Tanjung Enim

“Jumlah penerima manfaat Aksi Siaga Sehat Moseh PGN di desa simpang tungkal, kec. Tungkal jaya,  Kab. Musi banyuasin, sebanyak 175PM yang terdiri dari 33 pmt balita, 28 pmt lansia, 7 pasien gigi, 148 pasien umum, 40 penyuluhan, 7 pasien USG”, tutup Ihsan.

 

Penulis :  Medi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *