EDUKASI

PPDB Tahun Ini Menambah Beban Orangtua Murid

Sibernas.com, Palembang-Proses tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) terutama jenjang SMA tahun ini sangat memberatkan bagi orangtua. Pasalnya, jika anaknya tak mampu lulus di tes jalur mandiri, maka secara otomatis anaknya tidak bisa menempuh studi di sekolah negeri.

Untuk diketahui, jika proses tes mandiri PPDB tahun lalu digelar dengan dua gelombang, yakni SMA rujukan baru kemudian gelombang kedua SMA reguler, akan tetapi tidak untuk tahun ini.

“Karena tahun ini tes mandiri serentak. Sehingga berat bagi orangtua. Ketakutannya lebih tinggi akan anaknya tak lulus tes, karena kalau tak lulus terpaksa harus sekolah swasta,” ujar Kepala SMA Negeri 6 Palembang Hj Maryati, SPd, MM, Rabu (24/6/2020).

Lihat Juga :  Banyak Wal Murid Gaptek, Pengumuman PPDB SD Ditunda

Belum lagi tahun ini, kata dia, ada perubahan petunjuk teknis (Juknis) PPDB yang merubah jumlah kuota tes mandiri untuk SMA rujukan yang semula 90 persen menjadi 50 persen untuk tahun ini. Sehingga secara otomatis akan menambah ketat seleksi karena persentase kuota untuk jalur Penelusuran Minta dan Prestasi Akademik (PMPA) jalur zonasi, jalur mutasi dan jalur afirmasi.

“Termasuk di SMAN 6, tes mandiri hari ini ada sebanyak 480, sementara kuota kita hanya 180 yang diambil dari 50 persen kuota total seluruhnya,” urainya.

Sementara itu, berbeda dengan SMA reguler, salah satunya di SMA Negeri 10 Palembang yang kuota tes mandiri sebanyak 124 dari kuota keseluruhan sebanyak 406 siswa yang akan diterima.

Lihat Juga :  Banyak Wal Murid Gaptek, Pengumuman PPDB SD Ditunda

“Empat jalur lain PPDB sudah selesai, hari ini tinggal PPDB jalur mandiri. Ada sebanyak 124 siswa yang akan diterima dan peserta hari ini ada 363 peserta,” ujar Ketua PPDB SMAN 10 Hendri, SPd.

Dan dari jumlah tersebut, lanjut dia, tes dilaksanakan untuk dua sesi yakni sesi pertama pada pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB dan pukul 10.01 WIB sampai 12.00 WIB untuk sesi kedua.

Reporter : Sugiarto
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close