NASIONAL

Polda Sumsel Akan Usut Kejadian TPS Tak Dapat Surat Suara Pilpres

SIBERNAS.com, Palembang – Dalam pelaksanaan pencoblosan  pemilu 2019 kemarin Rabu 17 April 2019 terdapat Kekurangan surat suara untuk pencoblosan Pilpres yang berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan.

Insiden tersebut juga terjadi juga di daerah kabupaten  Banyuasin dimana surat menghilang tanpa dikatehui keberdaanya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, ia mendapatkan laporan jika satu Tempat Pemungutan Suara ( TPS) 1 di Kecamatan Ilir Timur 1 Palembang, tak mendapatkan surat suara untuk Pilpres.

Selain itu, di TPS 11, juga mengalami kekurangan surat suara sebanyak 177 untuk Pilpres. Selanjutnya, untuk DPD, kekurangan 149 surat suara, DPR 149 surat suara dan DPRD Provinsi 149 surat suara.

“Aneh juga (TPS tak dapat surat suara Pilpres). Tetapi akan terus kami usut, apakah ada unsur kesengajaan kelalaian atau ketidaktelitian,” kata Zulkarnain, saat memberikan keterangan pers di KPU Sumsel, Rabu (17/4/2019).

Lihat Juga :  Kecelakaan Maut di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas, Sopir Positif Narkoba

Meskipun banyak TPS di Palembang juga mengalami kendala ketika Pemilu karena kekurangan surat suara, dalam kondisi ketertiban, Zulkarnain mengklaim jika kondisi di Sumatera Selatan relatif aman.

“Secara umum penyelenggaraan pemungutan suara di Sumsel berlangsung aman,” ujar dia.

Komisioner KPU Sumsel Divisi Hukum dan Pengawasan Hepriyadi mengatakan, mereka saat ini sedang menunggu laporan dari KPU Palembang secara rinci terkait persoalan tersebut.

“Kami belum bisa memutuskan apakah di Palembang perlu dilakukan pemungutan suara susulan atau tidak, karena masih menunggu laporan di KPU Palembang,” kata Hepriyadi.

Ia menerangkan, pemungutan suara susulan akan diputuskan oleh KPU kabupaten/kota selama 10 hari ke depan setelah pemungutan suara.

Namun, jika kejadian hilangnya surat suara di dua lokasi, maka keputusan pemungutan akan diambil oleh KPU Provinsi.

Lihat Juga :  Kecelakaan Maut di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas, Sopir Positif Narkoba

“Dalam aturan, pemungutan suara ulang harus dilakukan paling lambat 10 hari setelah pemungutan suara,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan mendapatkan laporan jika lima kotak suara Pemilihan Presiden (Pilpres) yang hendak didistribusikan di lima Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kelurahan Kenten Laut Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin mendadak hilang, pada hari pencoblosan.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengatakan, mereka sampai saat ini masih melakukan pencarian terkait hilangnya lima kotak suara tersebut secara mendadak.

Diungkapkan Kelly, 1.300 Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di TPS 09 hingga 013 di Kelurahan Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, tidak dapat menyalurkan hak pilihnya untuk menentukan pilihan capres-cawapres.

Editor : Handoko Suprianto

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *