PALEMBANG

Persiapan Launching Siabuh, Aplikasi Subuh Berjamaah Bagi ASN Kota Palembang

SIBERNAS.com, Palembang – Salat subuh berjamaah yang menjadi Program Walikota Palembang, H. Harnojoyo terus dijalankan, dan kini memiliki aplikasi sholat subuh (Siabuh) yang akan launching pada 18 November 2018 akan datang.

Seusai rapat persiapan launching aplikasi Siabuh, H. Harnojoyo mengatakan aplikasi bersistem android ini bertujuan agar semua Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkungan Kota Palembang menunaikan salat subuh di daerahnya masing-masing.

“Sistem aplikasi ini seperti absensi, mulai dari pukul 4.30 WIB hingga pukul 5.30 para pegawai dipersilakan mengisi laporan salat subuhnya dengan mengunggah foto.

Kalau sudah masuk pukul 06.00 sudah tak dihitung lagi aplikasi tak bisa dibuka lagi, maka dari itu harus tepat waktu,” ujarnya, Selasa (6/11/2018).

ASN yang terlambat akan ketahuan melalui sistem indikator, sedangkan yang tepat waktu akan mendapatkan reward.

Lihat Juga :  Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda Jual Minyak Goreng Rp14.000 per 2 Liter

“Kita ingin pejabat di Kota Palembang ini menjadi penggerak Salat Subuh di lingkungan masing-masing. Targetnya Salat Subuh ini lebih ramai dari Salat Jum’at,” ujar Harnojoyo.

Bukan hanya menjadi teladan, tapi hikmah yang akan diperoleh dapat memakmurkan masjid, berguna bagi aktifitas sehari-hari menjadi lebih awal.

Hikmah yang didapat dari Salat Subuh ditambahkannya, adalah bisa beraktifitas lebih awal. ” Jangan mau kalah dengan penduduk negara lain yang selalu tepat waktu,” tambahnya.

Dalam pelaksanaan shalat Subuh pun juga dapat membuka ruang diskusi antara pemerintah dan masyarakat. Keluhan masyarakat dapat didengarkan oleh pemerintah secara lebih dekat.

“Juga bermanfaat bagi kita, kegiatan di pagi hari contohnya mengantar anak sekolah tidak terlambat, kita buka toko bagi yang punya usaha bisa lebih pagi bangunnya, banyak manfaatnya,” tuturnya.

Lihat Juga :  Gejala DBD dan Covid-19 Mirip, Segera Datangi Fasilitas Kesehatan Terdekat

Kabag Kesra Setda kota Palembang, Riza Pahlevi juga menambahkan aplikasi salat subuh berjamaah ini dapat membantu Walikota Palembang memantau secara langsung Masjid/Mushola mana saja yang ramai saat Shalat Subuh.

“Target selanjutnya, Walikota ingin masjid selalu ramai dengan gerakan 1100 Ustad pada tahun 2020 mendatang. Tahun ini setidaknya 107 ustad yang pemerintah kota Palembang gaji 2 juta perbulan, 2019 nanti akan kami anggarkan untuk 500 ustad.

Ini semua agar visi misi pak Walikota yang menginginkan Palembang menjadi kota yang Islami tercapai,” tutup Riza.

Reporter : Maya Citra Rosa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *