NASIONAL

Pengamanan Debat Perdana Pilpres, Polda Metro Terjunkan 2.000 Personel

SIBERNAS.com, jakarta – Debat Capres dan Cawapres yang pertama digelar hari ini, Kamis (17/1). Persiapan telah dilakukan pelaksana maupun institusi keamanan. Setidaknya 2000 personel keamanan gabungan TNI dan Polri diterjunkan dan dalam pengamanan dibagi menjadi empat ring.

“Hampir 2.000 personel gabungan TNI-Polri yang sudah kita siapkan pengamanan debat capres tersebut, mulak dari jalur yang akan dilalui kedua paslon ke tempat lokasi,” ujar  Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, Kamis (16/1).

Pengamanan dalam debat ini akan dibagi menjadi empat ring. Pengamanan tersebut meliputi jalur- jalur yang akan dilalui oleh kedua paslon capres dan cawapres menuju lokasi debat.

Argo menambahkan terkait pengalihan arus lalu-lintas di sekitar lokasi debat, pengalihan tersebut bersifat situasional dengan melihat kondisi pada saat pelaksanaan acara nanti.

“Dari Sabhara kita siapkan, lalu-lintas kita siapkan. tapi lalu lintas belum ada penutupan arus lalin, belum ada, tapi situasional. Lihat di lapangan nanti seperti apa,” jelas dilansir dari idntimes.

Pendukung Diimbau Jaga Ketertiban

Masing-masing pendukung paslon diimbau menjaga ketertiban ketika acara debat berlangsung.

“Di luar dukungan di (dalam) ruangan, kita harap kalau ada dukungan lain yang datang ke Bidakara, kita harap ada ketertiban menjaga kegiatan tersebut agar kegiatan itu aman dan lancar,” tutur Argo.

Seperti dilansir dari globalplanet.news,(17/1), Argo juga meminta kepada masing-masing pendukung paslon yang berkeinginan hadir dalam acara debat, tidak membawa barang-barang yang berbahaya.

Adapun tema yang diusung dalam debat perdana nanti adalah Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme. Ira Koesno dan Imam Priyono, telah dipastikan menjadi moderator serta memimpin jalannya debat.

Debat tersebut akan terbagi menjadi enam segmen. Segmen pertama berisi penyampaian visi misi dari kedua paslon. Segmen kedua dan ketiga, masing-masing paslon akan menjawab pertanyaan yang diajukan para panelis.

Segmen keempat dan kelima masing-masing paslon akan menjawab pertanyaan yang diajukan masing-masing lawan. Dan segmen keenam, masing-masing paslon akan memberikan closing statement.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *