EKONOMI

Pemkot Palembang Yakini Perekonomian Kota Palembang Stabil

Sibernas.com, Palembang-Sudah empat bulan menghadapi pandemi Covid-19 dan berdampak kepada segala sektor terutama perekonomian rakyat. Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang meyakini kondisi saat ini sudah mulai kembali stabil.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, setelah melaksanakan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) dua kali periode, kini masyarakat terpantau sudah kembali melakukan aktivitas dengan catatan menerapkan disiplin protokol kesehatan.

“Pemerintah saat ini sudah memberikan kelonggaran. Kita lihat tempat usaha kembali buka, roda perekonomian kembali berjalan. Pekerja yang sebelumnya dirumahkan sekarang kembali bekerja,” kata Ratu Dewa, Rabu (15/7/2020).

Ia mengakui, jika sebelumnya kondisi perekonomian terasa lesu. Bahkan, berdasarkan catatan Dinas Ketenagakerjaan Kota Palembang terdapat ratusan perusahaan merumahkan pekerjanya. Dengan demikian, Pemkot sebelumnya telab mengeluarkan sejumlah keringanan dan penundaan pembayaran pajak.

Lihat Juga :  Mulai 1 September, Hotel Berbintang Banting Harga, Cuma Rp300 Ribu Permalam

Menurutnya, perekonomian Kota Palembang stabil dilihat juga dari pembayaran sejumlah pajak seperti diantaranya pajak restoran, sudah menunjukkan nilai yang positif.

“Kondisi perkonomian Kota Palembang saya lihat stabil, ya. Meski demikian, masyarakat harus tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan agar tidak ada lagi sebaran kasus Covid-19,” tambah dia.

Upaya pemerintah untuk menyejahterakan rakyat, lanjut dia, sudah dilakukan. Diantaranya dengan memberikan pinjaman modal usaha tanpa agunan. Pemerintah menyiapkan kuota 4000 dengan demikian para UMKM berkesempatan mengembangkan usahanya.

Pinjaman tanpa bunga tersebut berkisar Rp3 juta melalui Bank Penkreditan Rakyat (BPR) Palembang. Program ini diyakini akan membantu mengembangkan usaha rakyat sehingga akan menjamin kesejateraan rakyat.

Lihat Juga :  Harga Emas Antam Hari Ini 11 Agustus, Naik Jadi Rp1,056 Juta

“Selain itu, saat ini pun pemerintah menjamin BPJS Kesehatan bagi masyarakat tidak mampu dan selalu dianggarkan setiap tahunnya,” katanya.

Reporter : Kamayel Ar-Razi
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close