PALEMBANG

Palembang Ujan-Angin, LRT Aman Tanpa Mogok

SIBERNAS.Com, Palembang – Budi Noviantoro, Direktur Utama PT. INKA (Persero) memastikan Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan (Sumsel) tidak mengalami kendala apapun disaat kota Palembang dan sekitarnya dilanda hujan-angin beberapa hari yang lalu.

Sedangkan akibat peristiwa alam tersebut beberapa sarana di stasiun mengalami kerusakan para sebagaimana yang terjadi di stasiun DJKA. “Sekarang gak Ada Kerusakan, alhamdulillah Tidak ada yang mogok lagi,” katanya, Selasa, 30 Oktober 2018.

Budi Noviantoro, menjelaskan  sebagai produsen LRT, tidak adanya kerusakan tersebut menunjukkan bukti bila produksi dalam negeri ini sudah semakin teruji. Ditemui disela-sela acara “Editor’s Day bersama INKA”, Budi membeberkan LRT Palembang dibangun dengan kualifikasi berstandar internasional.

Lihat Juga :  Harkitnas 2022, Waktunya Bangkit dari Krisis Ekonomi

Kereta penumpang dari Bandara SMB II-OPI Mall, Jakabaring tersebut diketahui dibangun dengan struktur badan berupa Carbody Shell yang terbuat dari Aluminium double skin. Selain itu, rangka dasar dan lantainya juga berbahan material aluminium. “Sebelum beroperasi juga dilakukan uji beban hingga 40 ton,” ujarnya

Sebelumnya diketahui pada Rabu, 1 Agustus 2018, kereta mengalami kendala teknis pada dua kilometer sebelum sampai Bandara Sultan Mahmud Badaruddin Palembang. Namun sekarang hal itu dipastikan tidak akan terjadi lagi.

Semenatara itu Kasubdit Lalulintas Kemenhub Yudi Karyanto menambahkan LRT merupakan salah satu moda transportasi yang akan dikembangkan dibeberapa daerah setelah keberhasilan LRT Sumsel.

Pihak kementerian perhubungan katanya memiliki rencana pengembangan kereta cepat Jakarta-Bandung, Jakarta-Surabaya, Rail link kereta Bandara, Tram di Surabaya, kereta Makasar-Pare-pare, serta kereta di kota Medan.

Lihat Juga :  Harkitnas 2022, Waktunya Bangkit dari Krisis Ekonomi

Sedangkan untuk LRT Palembang, diharapkan bisa dikembangkan hingga ke beberapa titik lainnya yang diangap bisa mengatasi kemacetan lalu lintas. “pemanfaatan LRT Palembang ini dengan menggandeng Damri,” katanya.

Reporter: Hendrawan M. Rum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *