PALEMBANG

Palembang Lepas 40 Santri Ikuti Perkemahan Pramuka Santri Tingkat Nasional

SIBERNAS.com, Palembang – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melepas Kontingen Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (Perkasa) Kota Palembang ke Muaro Jambi dari tanggal 22-30 Oktober 2018.

Ada sebanyak 40 santri yang turut dilepas Pemkot di ruang Parameswara Kantor Wali Kota Palembang,Jumat (19/10/2018).

Kakanwil Kemenag Provinsi Sumsel, Alfajri Zabidi mengatakan hari lahir santri yang tepat tanggal 22 Oktober 2018 menjadi momentum resolusi jihad, bahwa pondok pesantren (Ponpes) memberikan sumbangsih baik harta dan jiwa untuk kemerdekaan Indonesia.

“Kita berharap agar pondok pesantren menjadi lembaga pendidikan yang luar biasa,”ujarnya

Sementara itu, Wali Kota Palembang, Harnojoyo melalui Asisten III, Agus Kelana mengatakan Pemkot akan memfasilitasi kegiatan perkemahan pramuka santri nusantara Kota Palembang, seperti memberikan bantuan pakaian Pramuka, sepatu, baju olahraga, tas ransel dan uang saku.

Lihat Juga :  Stok Beras di Sumsel Babel Capai 23.000 Ton

Wali Kota Palembang, Harnojoyo yang juga Ketua Majelis Pembimbing Pramuka mengharapkan santriwan atau santriwati mempunyai kepribadian baik, mandiri serta kreatif.

Sesuai dengan tema Pramuka santri nusantara yaitu menebar kedamaian untuk Indonesia yang kuat dan berkarakter.

Lihat Juga : Gelar Syukuran Di OKUT. HD: “Sumsel Maju Dengan Nyata Bukan Hanya Dalam Berita”

“Diharapkan para santri dapat menumbuhkembangkan kesadaran bela negara serta membentuk santri yang menebar keagamaan, sesuai dengan tema Pramuka santri nusantara,” ucapnya.

Adapun pesan untuk para santri, Pemkot mengucapkan selamat berlomba dan tumbuhkan semangat sportivitas ukhuwah islamiyah sesama santri pondok pesantren.

“Dan tak lupa pula kita harapkan Kota Palembang mendapatkan juara umum mengalahkan Provinsi lain,” ucapnya.

Adapun rangkaian acara perkemahan pramuka santri nusantara terdiri dari seremonial, spiritual khususnya bidang Pramuka, kebudayaan, seni serta wawasan ilmu dan teknologi.

Lihat Juga :  Gejala DBD dan Covid-19 Mirip, Segera Datangi Fasilitas Kesehatan Terdekat

Di tempat yang sama, Kabag Kesra Dr H Riza Fahlevi MA selaku Ketua Penyelenggara, menjelaskan ada lima pesantren yang ikut mewakili Kota Palembang di tingkat nasional yaitu Pesantren Arrahman , dua dari Pesantren Muqimus Sunnah dan dua dari Pesantren Al Ihsan, terdiri dari delapan orang perwakilan pesantren.

“Ada lima sanggar, setiap sanggar terdiri dari delapan orang, jadi, semuanya terdapat 40 santri yang ikut ke jambi,” jelasnya.

Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kota Palembang, Drs H Hermansyah menambahkan kegiatan ini dilakukan tiga tahun sekali, dan dilakukan seleksi sehingga terdapat lima Ponpes mewakili tingkat nasional.

“Kita adakan lomba khusus Ponpes yang ada dikota Palembang, kemudian yang menang di perlombaan tersebut kita wakilkan untuk ikut di Kontingen Perkemahan Santri Nusantara Kota Palembang ke tingkat Nasional 2018,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *