SUMSEL

Muratara Waspadai Ancaman Banjir Bandang

“Kita menghimbau kepadaasyarakat yang berada di daerah aliran sungai (DAS) harus tetap waspada bencana banjir,” himbau, Rabu (31/10/2018)

SIBERNAS.com, Muratara – Memasuki musim penghujan saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Rawas Utara (Muratara), menghimbau yang ada di Daerah Aliran Sungai (DAS) waspada banjir. Sebab saat ini volume air sungai rawas mengalami peningkatan akibat meningkatnya intensitas curah hujan di Kabupaten Musi Rawas Utara (Mura) sepekan terakhir. Sat ini kondisi air sungai Rawas mulai naik dan berwarna keruh kecoklatan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Musi Rawas Utara (Muratara), Zulkifly, menghimbau kepada masyarakat yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) harus tetap waspada banjir.

“Kita menghimbau kepadaasyarakat yang berada di daerah aliran sungai (DAS) harus tetap waspada bencana banjir,” himbau, Rabu (31/10/2018).

Lihat Juga :  Alternatif Benih Dengan Kultur Jaringan Hasilkan Produk Yang Berkualitas

Dia menjelaskan saat ini sudah masuk musim penghujan sudah tentu kondisi cuaca yang sering hujan. Akhir-akhir ini hujan sering terjadi malam hari tentu membuat pemukiman penduduk yang berada di bantaran sungai Rawas terancam kebanjiran.

“Saat ini sudah mulai memasuki musim hujan. Selasa (30/10) lalu, hampir seharian hujan turun, terus malamnya juga sering hujan, otomatis air sungai meningkat. Kita jangan terlalu khawatir, tapi tetap waspada saja,” ujarnya.

Masih menurutnya, untuk saat ini pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah yang rawan terkena banjir harus bersiap-siap, karena ditakutkan banjir datang secara tiba-tiba.

Untuk antisipasi pihaknya juga selalu melakukan patroli guna memantau kondisi debit air sungai, sehingga perkembangan volume air sungai dapat terpantau.

Lihat Juga :  Antisipasi Omicron, Satpolpp Sumsel Akan Sisir Kerumunan

“Kita terus melakukan patroli melihat kondisi debit air sungai Rawas. Mudah-mudahan kita berharap tidak terjadi banjir. Kalaupun terjadi tidak menimbulkan korban baik materi maupun jiwa, intinya harus waspada,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *