SUMSEL

Miliansyah dan Ma’julah Bahagia Rumahnya “Dibedah”

Saya senang mendapat berkah dari kegiatan TMMD Kodim 0405/Lahat ini. Rumah berubah bagus seperti ini.

SIBERNAS.com, LAHAT – Miliansyah dan Ma’julah merasa senang dan bahagia karena rumahnya “dibedah”, sehingga layak ditempati. Dua warga Desa Muara Dua Kec. Pagar Gunung Kab. Lahat, itu kini dapat menempati rumah mereka dengan nyaman.

Ma’julah mengatakan bahwa dia tak menyangka jika rumah reyot miliknya, kini menjadi rumah yang layak huni. ”Saya senang mendapat berkah dari kegiatan TMMD Kodim 0405/Lahat ini. Rumah berubah bagus seperti ini,” katanya.

Prajurit TNI mulai membongkar dan rumah warga yang akan dibedah, dalam program TMMD ke-103 Kodim 0405/Lahat. Foto: MC Penrem 044/Gapo

Dua unit rumah tidak layak huni (RTLH) ini merupakan sasaran kegiatan fisik dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Kodim 0405/Lahat. Kedua rumah itu telah selesai direhabilitasi dalam kurun waktu pengerjaan sekitar 20 hari, dan selesai serta siap ditempati, Selasa (23/10/2018).

Komandan Kodim 0405/Lahat, Letkol Kav Sungudi, S.H., M.Si., melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Agus Subakto, mengatakan bahwa kegiatan fisik yang dilakukan sudah berjalan dengan optimal. Selama 20 hari kerja, sejak pelaksanaan Pra-TMMD, kegiatan fisik sudah mulai terlihat hasilnya.

Lihat Juga :  Pemprov Sumsel Siapkan Berbagai Strategi Pencegahan PMK

”Dua unit rumah telah selesai dan siap ditempati. Ini sesuai dengan jadwal kegiatan yang direncanakan,” kata Pasiter Kapten Agus.

TMMD ke-103 Kodim 0405/Lahat telah melaksanakan beberapa kegiatan fisik di samping bedah rumah.

Rumah warga yang sudah dibongkar, mulai dibangun permanen. Foto: MC Penrem 044/Gapo

Pembuatan satu unit Pemandian Umum di Desa Germidar Ilir Kec. Pagar Gunung Kab. Lahat, proses pekerjaannya kini sudah mencapai 68 persen. Pembuatan dua unit Poskamling di Desa Muara Dua mencapai 40 persen, pembuatan tembok penahan air di jalan menuju lokasi perkebunan dan persawahan masyarakat Desa Muara Dua sepanjang 2 x 200 meter.

Selain itu, kegiatan fisik yang masih dalam pekerjaan adalah pembuatan Pelat Duiker di jalan menuju lokasi perkebunan dan persawahan masyarakat Desa Muara Dua sebanyak 5 unit, baru mencapai 7 persen. Pembuatan jalan sepanjang 2.650 m dan

Lihat Juga :  7 Kabupaten/Kota di Provinsi Sumsel Masuk Titik Rawan Karhutla
Rumah warga yang selesai “dibedah”. Foto: MC Penrem 044/Gapo

lebar 6 m, hasil yang dicapai 1.643 m atau 62 persen, dan rehab Masjid Nurul Iman di Desa Muara Dua Kec. Pagar Gunung Kab. Lahat mencapai 40 persen.

Selain kegiatan fisik, TMMD juga melaksanakan kegiatan non-fisik, di antaranya pelayanan pengobatan gratis terhadap 85 orang, khitanan masal kepada 26 anak, pelayanan KB-Kes terhadap 65 pasien, bazar sembako, penyuluhan pertanian, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan hukum, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, serta sosialisasi rekrutmen TNI.

 

Reporter : Suhardi Zulbani/Siaran Pers Penrem 044/Gapo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *