EDUKASI

Meski Pandemi, SMPN 30 Kejar Persiapan Adiwiyata Nasional

Sibernas.com, Palembang-Meski di tengah situasi Pandemi Covid-19, pihak SMP Negeri 30 Palembang mempersiapkan Adiwiyata tingkat nasional yang akan diuji pada 2021 mendatang.

Pasalnya, pada 2017 lalu sekolah ini telah meraih adiwiyata tingkat provinsi Sumsel dan akan melaju ke jenjang selanjutnya yakni tingkat nasional.

Kepala SMP Negeri 30 Palembang Mimi Farah Nini, MPd, mengatakan bahwa saat ini sudah membentuk tim dengan mengeluarkan SK Tim Adiwiyata.

“Jadi saya ingin meneruskan prestasi kepala sekolah sebelum Ibu Aisyah pada 2017 lalu yang meraih adiwiyata provinsi, dan mudah-mudahan 2021 nanti bisa kita raih predikat Adiwiyata Nasional,” ujarnya, Senin (12/10/2020).

Ia menambahkan, saat ini tim guru juga sudah melakukan persiapan baik soal lingkungan, SDM maupun pihak guru. Sehingga bisa semua komponen bisa disiapkan.

Lihat Juga :  Tingkat Kualitas Imtaq, SMAN 6 Minta Guru Selipkan Pengetahuan Agama saat Daring

“Kita ingin persiapan maksimal, makanya sejak 2020 ini kita siapkan agar 2021 nanti semua sudah siap,” harapnya.

Sementara itu dikatakan Ketua Tim Adiwiyata SMP Negeri 30 Palembang Rusminah, SPd, mengatakan, selama kondisi Pandemi ini siswa belum bisa dilibatkan, karena siswa menjadi poin penting penilaian.

“Setelah Pandemi selesai nanti kita ikutan, karena SK sudah dibuat termasuk juga dewan guru. Termasuk juga jika sudah masuk, siswa nanti kita minta bawa wadah makanan sendiri agar tidak menambah sampah plastik saat jajan di kantin,” jelasnya.

Selain itu, dari segi prasarana sudah menambah tong sampah sesuai dengan jenis sampah seperi sampah organik, sampah an organik. Kemudian pengomposan sudah kita lakukan.

Lihat Juga :  Tangkal Klaster Covid-19, Sekolah Ini Bagikan Raport Siswa Bertahap

“Termasuk penataan taman sudah kita lakukan dan bunga juga sudah,” pungkasnya.

Reporter: Sugiarto
Editor: Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close