KALAM

Mendapat Pahala saat Makan dan Minum Menurut Ustadz Khalid Basalamah

Sibernas.com, Palembang-Indahnya menjadi Islam atau menjadi Muslim, karena hampir semua aktivitas kita dapat bernilai pahala dan ibadah. Bahkan, dalam aktivitas sederhana seperti makan dan minum, dapat menjadi perantara kita untuk ibadah dan mendapat pahala.

Agar mengetahuinya, berikut penjelasan dari Ustadz Khalid Basalamah seperti dikutip dari pikiran-rakyat.com dari salah satu video di channel Youtube Khalid Basalamah Official.

Terkait hal itu, Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan salah satu hadits yang diriwayatkan Muslim, Anas Radhiyallahu Anhu berkata,
“Rosulullah Shalallahu Alaihi Wasalam bersabda:

Sesungguhnya Allah itu ridho pada seorang hambaNya, jikalau ia makan sesuatu makanan lalu memuji kepada Allah karena adanya makanan itu, atau minum suatu minuman lalu memuji padaNya karena adanya minuman itu“.

Menurut Ustadz Khalid Basalamah, makan dan minum sesungguhnya hukumnya mubah, karena semua makhluk boleh makan dan minum.
Mubah artinya dikerjakan tidak mendapat pahala, ditinggalkan pun tidak mendapat dosa.

Lihat Juga :  Fenomena Saat Ini, Murtad Kok Bangga

“Tapi Subhanallah, anda bisa menggunakan makan dan minum, yang tadinya hukumnya mubah tapi bisa menjadi sunah yang artinya jika dikerjakan dapat pahala, ditinggalkan tidak berdosa,” ujar Ustadz Khalid Basalamah.

Hal itu didapat, jika makan dan minum itu dilakukan karena ingin memberikan hak kepada tubuh, yang sejatinya merupakan titipan Allah SWT

“Kalau anda niatkan makan dan minum yang anda lakukan itu, karena ingin memberikan hak badan yang sudah Allah SWT titipkan atau amanahkan, maka tentu makan dan minum itu menjadi sunah dan menjadi sebuah ibadah di sisi Allah SWT,” kata Ustadz Khalid Basalamah.

Setelah itu, kata Ustadz Khalid Basalamah, gunakan lah tubuh itu sebagai fasilitas untuk menyembah kepada Allah SWT.

Tidak sampai di situ, kita bisa mendapat tambahan pahala ekstra atau bonus dari Allah SWT, hanya dengan menambah jenis ibadah sederhana yang Allah SWT perintahkan, yaitu memuji Allah SWT.

Lihat Juga :  Baca Al Kafirun Sebelum Tidur Agar Terbebas dari Dosa yang Tidak Allah Ampuni

“Bersyukur dengan mengatakan Alhamdulillah, nah ini jika anda ucapkan ini maka sudah cukup mendatangkan Ridho Allah SWT. Jika Allah SWT ridho, berarti Allah SWT akan memberikan apa saja yang kita inginkan,” ucap Ustadz Khalid Basalamah.

Pelajaran yang bisa diambil dari hadits tersebut, menurut Ustadz Khalid Basalamah yakni agar seorang muslim selalu menghubungkan aktivitasnya kepada Allah SWT. Walaupun hanya kegiatan yang sederhana, seperti makan dan minum.

“Tapi dengan kembali berserah kepada Allah SWT, dengan begitu maka secara otomatis hamba itu mengetahui jika Allah SWT yang menciptakannya, Allah SWT yang telah memberikannya makanan itu,” ujar Ustadz Khalid Basalamah.

Pelajaran yang kedua, agar seorang Muslim boleh menikmati makan dan minum yang dianjurkan dalam Islam.

“Muslim dianjurkan memakan atau mengonsumsi makanan dan minuman yang halalan dan toyyiban,” tutur Ustadz Khalid Basalamah.

Wallahu a’lam bissawab.

Editor: Ferly M

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close