KULINER

Maknyak_Homecooking by Bunda Nia Bertahan Tak Gunakan Jasa Aplikasi

Sibernas.com, Palembang-Maknyak Home Cooking by Bunda Nia salah satu usaha kuliner online yang sudah berjalan sejak 2019 hingga sekarang yang tidak menggunakan jasa pemasaran maupun pengiriman lewat aplikasi seperti Gojek, Grab, Shopee, Tokopedia atau aplikasi lainnya.

Berawal dari sekadar menyalurkan hobi (kesukaan) setelah resign dari pekerjaan dan membuat bekal untuk anak sekolah kemudian di sebarkan melalui History Whattshap sehingga banyak dari teman-teman yang memesan makanannya.

“Selama pandemi, saya lebih banyak berkreasi membuat menu-menu berbeda setiap harinya. Karena sistem saya Pre Order (PO) temen-temen bisa request mau dibuatkan apa,” kata Reni Tania, Pemilik Maknyak Home Cooking.

Tidak mau terikat merupakan alasannya untuk tidak mendaftarkan diri di berbagai aplikasi jasa. Dia mengatakan, sangat menjaga kualitas makanannya fresh, apa yang ia buat hari ini harus habis di hari yang sama.

“Sudah beberapa kali marketing gojek dan lainnya menghubungi saya, tapi saya selalu jawab belum bisa bergabung dengan alasan waktu, dan prosesnya pun dikerjakan sendiri,” katanya saat bincang bersama wartawati AssajidinGroup.

Meskipun bentuk promosi hanya sekedar melalui WhatsApp atau telepon. Ia bersyukur diberikan kemudahan promosi oleh Allah dari anjuran temen ke temen lainnya.

Lihat Juga :  Mengenal Kue kembang Goyang, Ternyata Terinspirasi Dari Perhiasan Mewah

Alhamdulillah, Allah kasih kemudahan dari mulut ke mulut. Buat sosial media instagrampun baru dibuat karena beberapa customer yang minta. Semua saya anggap bentuk rezeki, dalam berniaga ini bukan cuma dari uang saja yang didapat, tapi kemurahan hati pelanggan buat promosikan dagangan tanpa saya minta pun itu rezeki,” ucapnya.

Selain mendapatkan uang, ia merasa bertambahnya banyak saudara karena ia yakin semua atas perintah Allah yang menggerakkan hati pelanggan untuk berniaga bersama.

Ia bercerita pada saat Pandemi Covid 19 datang, banyak orang yang kehilangan pekerjaan tidak terkecuali supir kantor tempat ia dahulu bekerja. Dikarenakan ia membutuhkan tenaga kurir untuk pengiriman makanan, ia mengajak beberapa orang menjadi kurir jasa pengiriman.

“Dari awal sampai sekarang saya pakai kurir supir kantor tempat saya bekerja dulu dan saya pake kurir kakak dan adik dari awal saya berdiri. Karena saya yakin Allah juga kasih rejeki buat mereka melalui usaha saya,” katanya.

Dengan proses pengiriman yang baik tentunya akan meningkatkan kepuasan pelanggan yang akan berdampak pada perkembangan bisnis yang ia jalani. Ia juga menjaga kualitas makanan agar tetap dalam kondisi baik ditangan pelanggan.

Lihat Juga :  Cara Membuat Mie Ayam Rumahan Sederhana yang Enak

“Kami gunakan box atau tas motor untuk pengantaran yang di design khusus. Box untuk antar kue-kue pakai kotak, dan tas motor saya gunakan terutama untuk kegiatan jumat barokah atau pesanan nasi box gitu,” katanya.

Untuk tarif atau biaya pengantaranpun terbilang relatif murah yaitu di kenakan sebesar 10 ribu per alamat se Kota Palembang. Kemudian ia akan arahkan pelanggan untuk diantar sesuai tute urutannya.

“Namun jika pelanggan mau cepat bisa pakai go send, semua tergantung pemilihan dari pelanggan itu sendiri atau bisa ambil langsung kerumah dengan buat janji dahulu,” katanya.

Jika kamu ingin memesan atau membeli berbagai produk makanan yang disajikan Maknyak_homecooking by.bunda nia dapat langsung menghubungi melalu WhatsApp atau telepon di nomor 0813-9220-1009 atau melalui Instagram di @Maknyak_homecookingby.bundania.

“Berbagai varian dari kue sampai nasi, Untuk hari Jumat khusus kegiatan sosial Jumat Berkah atau Jumat Berbagi kerja sama dengan panti asuhan dan hari minggu kita libur kecuali ada pesan sebelumnya,” kata dia.

Reporter: Tri Jumartini
Editor: Ferly M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *