OLAHRAGA

Lionel Messi Raih Trofi Ketujuh Ballon d’Or

Sibernas.com, Paris-Lionel Messi meraih trofi Ballon d’Or 2021. Pengumuman itu disampaikan dalam acara Gala Ballon dOr 2021 yang digelar di Theatre de Chatelet, Paris, Prancis, Selasa (30/11/2021) dini hari WIB.

Pencapaian ini menjadikan Messi sebagai pemain terbaik dunia versi majalah olahraga Perancis, France Football, itu. La Pulga, julukan Messi, juga semakin mempertegas diri sebagai pemain tersukses yang pernah memenangi Ballon d’Or 2021 dengan raihan tujuh gelar.

Sebelumnya, Messi telah memenangkan penghargaan Ballon d’Or pada edisi 2009, 2010, 2011, 2012, 2015, 2019. Pemain yang kini memperkuat Paris Saint-Germain itu mengungguli striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, di peringkat kedua. Sementara itu, gelandang Chelsea, Jorginho, yang merupakan pemain terbaik Eropa 2021 menempati tiga besar.

Kesuksesan Messi menyabet Ballon d’Or 2021 sendiri tak terlepas dari pencapaian manis yang dituainya musim lalu. Di level klub, Messi sukses membawa mantan timnya Barcelona meraih trofi juara Copa del Rey 2021.

Dia juga menorehkan pencapaian individu dengan menjadi top skor Liga Spanyol musim lalu dengan catatan 30 gol. Selain itu, Messi juga berprestasi di level internasional dengan mengantarkan timnas Argentina menjuarai Copa America 2021.

Lihat Juga :  Bhayangkara FC Gusur Arema FC dari puncak klasemen BRI Liga 1

Gelar tersebut sekaligus menjadi trofi pertama yang La Pulga menangkan bersama timnas senior Argentina. Pencapaian Messi di Copa America 2021 kian sempurna karena sang megabintang turut menjadi pemain terbaik dan top skor turnamen.

“Luar biasa berada di sini lagi. Dua tahun lalu, saya mengatakan bahwa ini adalah tahun terakhir saya, dan saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Sekarang saya ada di sini lagi,” kata Messi, dikutip dari Marca.

Diakui oleh pemain berusia 34 tahun tersebut, setelah pidatonya dua tahun lalu, banyak orang bertanya kemungkinan dia pensiun. Tapi kini dia masih aktif bermain, dan kembali mendapat Ballond d’Or.

Hal ini membuatnya semakin terpacu lagi untuk mencari tantangan baru. Pemain berjuluk La Pulga tak mau berhenti berjuang untuk merebut prestasi bersama PSG.

“Setelah itu mereka mulai bertanya kepada saya, kapan saya akan pensiun. Hari ini saya ada di Paris. Saya sangat senang dan sangat bersemangat. Ingin terus berjuang untuk tantangan baru,” imbuhnya.

Pada penghargaan lainnya, Lewandowski dinobatkan sebagai penyerang terbaik di ajang Ballon d’Or 2021. Wajar, Lewandowksi sendiri memang tajam musim lalu dengan catatan 48 gol dan sembilan assist dari 40 laga bersama Bayern Muenchen di semua ajang musim lalu.

Lihat Juga :  Dicap Pelatih Gagal Oleh PSSI, Shin Tae Yong Tersinggung

Sementara itu, Pedri yang sebelumnya memenangi Golden Boy 2021 kini kembali memenangkan penghargaan untuk pemain muda. Pedri menyabet Kopa Trophy atau penghargaan untuk pemain U21 terbaik di ajang Ballon d’Or.

Kemudian, Gianluigi Donnarumma yang sukses mengantar timnas Italia juara Euro 2020 menyabet Yachine Trophy atau trofi untuk kiper terbaik. Donnarumma sendiri memegang peranan penting dalam jalan timnas Italia juara Euro 2020.
Dia mencatatkan tiga clean sheet dan menjadi pahlawan ketika Azzurri beradu penalti di semifinal (vs Spanyol) dan final (vs Inggris).

Adapun gelar klub terbaik tahun ini jatuh kepada Chelsea yang sukses menjuarai Liga Champions 2021 dan Piala Super Eropa 2021. Sementara itu, penghargaan pesepak bola putri terbaik dimenangkan Alexia Putellas yang berperan besar saat Barcelona juara Liga Champions 2021.

Peraih Penghargaan Ballon d’Or 2021:

Pesepak Bola Putra Terbaik: Lionel Messi (Barcelona)
Penyerang Terbaik: Robert Lewandowski (Bayern Muenchen)
Pemain U21Terbaik (Kopa Trophy): Pedri (Barcelona)
Kiper Terbaik (Yachine Trophy): Gianluigi Donnarumma (AC Milan-Paris Saint-Germain)
Pesepak Bola Putri Terbaik: Alexia Putellas (Barcelona)
Klub Terbaik: Chelsea

Editor: Ferly M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open