POLITIK

Kue Berbentuk TPS ini Sambut Pilkada Serentak di Sumsel

Sibernas.com, Palembang-Menyambut penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 ini, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Palembang mengkreasikan kue karakter bertema Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kue karakter TPS ini dibuat menyerupai orang-orang yang sedang melaksanakan pemungutan suara di TPS. Lengkap dengan protokol kesehatan dimana setiap orang harus mrnjaga jarak, menggunakan masker atau seruan 3M (menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Owner New Rumah Coklat Rina Evelyn mengatakan, khusus kue Pilkada 2020 ini, bahan dasarnya kue tar dengan lapisan gula vondant icing sugar.

“Karena untuk menyambut pemilu kami membuat kue dekor karakter tema Pilkada 2020,” katanya.

Menurut Rina yang telah berkecimpung di dunia bakeri sejak 2006, membuat kue karakter memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Dalam arti setiap detail bentuk kreasi mempunyai struktur dan tesktur berbeda.

Dijual seharga kisaran Rp600 ribu – Rp850 ribu, bolu karakter selama pandemik Covid-19 ternyata laris manis. Rina menyebut ada peningkatan pembelian hingga 50 persen dan kebanyakan konsumen pesan dalam rangka acara atau even seperti ulang tahun.

“Proses pembuatan kue karakter ini paling tidak tiga hari sebelum terima order. Karena ada karakter tertentu yang sulit dibuat,” ujar Rina, Rabu (9/12/2020).

Sudah 14 tahun bergelut di industri pastry, Rina mengaku belajar membuat kue secara otididak. Bahkan dirinya tidak memiliki dasar ilmu bakeri. Ia hanya membuka usaha kue dan belajar kue karakter dari empat bakernya terdahulu.

“Karena saya punya tokonya, saya suka control dan mengawasi mereka (pegawai) dan mulai coba-coba bentuk sendiri sampai berhasil. Kalau gagal pernah pasti, tetapi semangat untuk bisa,” katanya.

Mengawal membuat kue karakter Kapten Amerika, Rina baru dua tahunan serius mengkreasikan kue-kue dengan tema unik. Menurut pemilik toko di Jalan R Suprapto ini, customer bisa request tema bolu karakter sesuai keinginan.

“Yang penting pewarnaannya cocok, rasanya juga lezat dan yang terpenting outlet kita juga sudah mendapatkan label MUI jadi aman. Kue karakter bahan gula ini hanya bertahan tiga hari dalam kulkas, lewat dari situ cake bisa jamuran,” katanya.

Reporter: Kamayel Ar-Razi
Editor: Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close