PALEMBANG

Kronologi Kebakaran di SU I Palembang, 15 Rumah Hangus Terbakar

SIBERNAS.com, Palembang – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Kali ini kebakaran terjadi di Jalan Faqih Usman, Kelurahan 1 Ulu, Kecamatan SU I Palembang, Kamis (6/2/2020) sekitar pukul 02.10. dari peristiwa tersebut  15 rumah dan satu bedeng hangus terbakar.

Penyebab terjadinya kebakaran  diduga korsleting listrik dari mesin pemindah minyak saat melakukan bongkar muat Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bensin di salah satu rumah warga,

Ketua RT 017, Suryani (45), mengatakan api berasal dari rumah Rio yang diketahui melakukan usaha minyak yang dijual ke beberapa kapal.

“Dia ini usahanya minyak ilegal lantaran melakukan bongkar muat di malam hari dan juga mobil yang digunakan mengangkut minyak merupakan mobil pribadi,” ungkapnya.

 Namun apesnya saat sedang melakukan bongkar minyak, mesin yang digunakan untuk memindahkan minyak dari mobil ke dalam drum korsleting sehingga terjadinya kebakaran yang menghanguskan 15 rumah dan satu bedeng.

“Saat terjadinya kebakaran warga bahu membahu memadamkan api hingga api dapat dipadamkan dengan bantuan 8 mobil pemadam kebakaran sekitar pukul 05.00,” bebernya.

Lihat Juga :  Harkitnas 2022, Waktunya Bangkit dari Krisis Ekonomi

Suryani juga membeberkan bahwa Rio ini sudah melakukan usahanya lebih kurang dua tahunan untuk bisnis ini. “Kita juga sudah menegur dia (Rio, red) untuk tidak melakukan bisnisnya tersebut yang bakal berakibat kebakaran,” katanya.

Dalam satu harinya, lanjut Suryani mengatakan, Rio ini melakukan bongkar muat BBM lebih kurang 30 drum.”Dalam satu malam dia ini melakukan bongkar muat 30 drum minyak, kemudian dia menyimpannya di rumah,” tambahnya.

 Sedangkan warga setempat, Rusdi (55) menuturkan bahwa usaha yang dilakukan Rio tersebut sangat meresahkan dan membahayakan.”Usaha dia ini sangat beresiko dan berakibat fatal seperti sekarang ini akibatnya 100 jiwa kehilangan tempat tinggal,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat terjadinya kebakaran tersebut pemilik rumah yakni Rio langsung melarikan diri usai mengetahui akan menjadi sasaran warga sekitar.”Ya mungkin dia tahu kalau bakal menjadi sasaran jadi dia pergi melarikan diri meninggalkan istri dan anaknya,” bebernya.

Rusdi menambahkan, sebelum terjadinya kebakaran sempat terjadi ledakan sebanyak 7 kali dari rumah Rio.”Sebelum kebakaran terjadi sempat terjadi ledakan, mungkin yang meledak adalah drum tempat penyimpanan minyak tersebut,” tuturnya.

Lihat Juga :  Harkitnas 2022, Waktunya Bangkit dari Krisis Ekonomi

Dirinya berharap adanya bantuan dari pemerintah maupun swasta untuk membantu meringankan penderitaan warga yang menjadi korban kebakaran.

“Kita berharap adanya bantuan dari pemerintah maupun swasta yang akan meringankan penderitaan kita ini,” harapnya.

Seperti dilansir dari  sripoku.com, Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadji membenarkan adanya kebakaran yang menghanguskan 15 rumah dan satu bedeng dan api berasal dari rumah Rio yang diketahui sebelum kebakaran melakukan bongkar muat BBM.

“Benar adanya kebakaran tersebut tapi untuk usaha Rio yang saat kejadian melakukan bongkar muat BBM resmi atau tidaknya sedang dalam penyelidikan kita, bila terbukti tidak resmi kita akan mengamankannya dan bakal diproses secara hukum,” tegasnya.

Anom memastikan dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa.

“Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini tapi kerugian mencapai ratusan juta akibat dari kebakaran yang terjadi tersebut,” tutupnya.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *