SUMSEL

KPU Palembang Lelang 15.395 Kotak Suara Berbahan Alumunium

SIBERNAS.com, Palembang – Sebanyak 15.395 kotak suara berbahan alumunium baja, eks pemilu 2004 dan pemilu 2019 lalu, dilelang Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palembang.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Palembang Eftiyani, Kamis (24/1). Ia menuturkan KPU melelang lantaran pada pemilu 2019 tidak lagi menggunakan kotak suara terbuat dari alumunium baja warna perak tersebut.

Ia menyebut di pemilu serentak Pileg dan Pilpres, Komisi Pemilihan Umum akan menggunakan kotak suara transparan.

“Di Pemilu 2019 KPU mulai menerapkan pemakaian kotak suara transparan. Diharapkan pertengahan Februari, gudang sudah kosong dan diangkut pemenang lelang, karena kita akan isi dengan kotak suara transparan,” katanya.

Eftiyani mengungkapkan, jika lelang kota suara alumunium tersebut berdasarka persetujuan KPU RI dan petunjuk Menkeu, karena barang milik negera eks logistik.

Lihat Juga :  Kasus Covid-19 Melandai, Pemprov Sumsel Dukung Penuh Lepas Masker di Outdoor

“Nanti sepenuhnya penjualan secara lelang atas barang milik negara, dan dilakukan melalui kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang (KPKNL) setempat. KPU tidak ikut- ikutan dalam lelang tersebut, dan nanti uang hasil lelang akan dimasukan ke kas negara,” ucapnya.

Dijelaskan Eftiyani, dalam pelelangan logistik KPU eks pemilu itu, KPU RI hanya menyetujui pelelangan untuk jenis kotak suara saja, sementara bilik atau surat suara eks pemilu sebelumnya (Pilkada) tidak ada persetujuan.

“Total kotak suara berbahan alumuniun itu 15 ribuan, terdiri dari eks pemilu 2004 sebanyak 11.645 kotak dengan berat 34.395 kg, dan kotak alumunium tahun 2009 sebanyak 3.750 kotak atau sekitar 9.000 kg,” jelasnya, seraya kotak suara tersebut telah dikumpulkan di halaman gudang KPU Palembang.

Lihat Juga :  Deru: Masih Belum Tahu Siapa yang Ditunjuk Jadi Pj Bupati Muba

Dilanjutkan Eftiyani bagi masyarakat yang berminat akan kotak suara alumunium eks pemilu tersebut, bisa langsung menanyakan langsung atau mendaftar ke lembaga lelang negara.

“Sesuai petunjuk, nilai limit harga yang sesuai surat KPU RI Rp 12.000 per kg, jadi kalau ditotalkan sekitar setengah milyar rupiah,” pungkasnya. Dikutip dari Maklumatnews.com,(25/1/2019).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *