NASIONAL

Koperasi Rumah Sejahtera Binaan Rumah Zakat

SIBERNAS.com, SumbarRumah Zakat merupakan Lembaga Kemanusiaan dan Lembaga Amil Zakat Nasional yang menghimpun Dana Zakat, Infak Shodaqoh, Wakaf, dana CSR dan dana-dana sosial kemanusiaan lainnya dengan Fokus empat Rumpun Program, Senyum Mandiri (Ekonomi), Senyum Juara (Pendidikan), Senyum Sehat (Kesehatan) dan Senyum Lestari (Lingkungan).

Tahun 2019 Rumah Zakat fokus pemberdayaan di desa seluruh Indonesia. Salah satunya Desa Ganggo Hilia kab Pasaman Sumatera Barat. Nanda Niki Lestari dari relawan Rumah Zakat mengungkapkan di desa Ganggo Hilia ini sudah dibina Rumah Zakat sejak tahun 2016.

“Desa Ganggo Hilia ini kita bina dengan mendirikan koperasi, koperasi ini dinamai koperasi Rumah Sejahtera dan didirikan sejak  Bulan Agustus 2017 . Saat dimualai sedikit anggotanya sekarang dengan anggota berjumlah 39 orang. Koperasi ini mempunyai unit usaha berupa warung sembako dan simpan pinjam”, tambah Nanda saat dihubungi Rumah Zakat News, Jumat (22/02).

Koperasi ini diinisiasi oleh Relawan Inspirasi, mengingat banyaknya rentenir di desa yg meresahkan, ditambah kehidupan yang semakin sulit dengan kebutuhan pokok mahal, sedangkan harga hasil pertanian dan perkebunan murah, membuat masyarakat mau tidak mau harus berurusan dengan rentenir.

“Disinilah peran koperasi diharapkan untuk menumbuhkan usaha masyarakat khususnya anggota dengan unit usaha simpan pinjam menjadi tempat bergantung masyarakat untuk tidak beurusan dengan rentenir. Alhamdulillah saya bisa lepas pinjaman dari rentenir dan semakin berkah buat Rumah Zakat”, tutur Nelmawati salah satu anggota Koperasi Rumah Sejahtera.

“Koperasi ini bisa menjaga aset yang dimiliki dengan usaha-usaha masyarakat. Saat ini modal koperasi yg terbatas membuat koperasi sulit berkembang. Harapannya banyak donatur yang berzakat melalui Rumah Zakat sehingga banyak masyarakat yang berdaya”, Tutup Nanda.

 

Penulis : Medi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *