KULINER

Konsumsi Seblak Baik Untuk Tubuh

Sibernas.com, Palembang-Seblak merupakan salah satu makanan khas Kota Bandung yang populer di berbagai daerah, salah satunya Kota Palembang.

Seringkali makanan ini dianggap tidak baik bagi kesehatan karena rasanya yang sangat pedas. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa seblak juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan loh.

Mari simak ulasan lengkap di bawah ini untuk tahu apa saja kandungan gizi serta khasiat dari konsumsi seblak.

1. Sebagai Sumber Vitamin C

Rasa pedas di seblak yang berasal dari bumbu cabai ternyata memberikan manfaat berupa sumber vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat pada cabai bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C juga dikenal baik untuk kesehatan kulit.

2. Menurunkan Berat Badan

Ditinjau secara medis oleh dr Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H melalui Hellosehat.com, manfaat selanjutnya dari cabai adalah membantu menurunkan berat badan Anda. Ya, jika Anda berencana untuk diet, jangan lupa masukkan cabai ke dalam menu harian Anda. Ini karena zat capsaicin dalam cabai diyakini dapat membakar lemak dan energi tubuh lebih cepat.

Lihat Juga :  Cara Membuat Mie Ayam Rumahan Sederhana yang Enak

Selain itu, penelitian dari jurnal Appetite menunjukkan bahwa asupan 2 miligram capsaicin per hari selama 12 minggu dapat membantu mengecilkan lingkar pinggang.

3. Menurunkan risiko kanker

Manfaat selanjutnya dari cabai yang bisa Anda peroleh adalah penurunan risiko kanker. Ini karena kandungan antioksidan yang tinggi di dalam cabai, beberapa di antaranya adalah vitamin C, lutein, dan beta-karoten.

Antioksidan telah terbukti mampu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Nah, salah satu pemicu kanker adalah paparan radikal bebas yang berlebihan.

4. Manfaat Seblak Bandung sebagai Sumber Energi

Komponen seblak yang terdiri dari bakso, daging, telur, sayur dan sumber protein lainnya sangat bermanfaat untuk mengisi energi tubuh. Protein merupakan sumber energi yang tidak kalah pentingnya dibandingkan karbohidrat dan lemak.

Asupan protein juga sangat penting untuk masa pertumbuhan. Selama mengonsumsi seblak secara tidak berlebihan, maka makanan tersebut memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Lihat Juga :  Mengenal Kue kembang Goyang, Ternyata Terinspirasi Dari Perhiasan Mewah

5. Menghangatkan Tubuh

Kencur adalah salah satu jenis bumbu dapur yang memiliki aroma khas yang segar dan menyeruak. adanya bumbu kencur menjadi ciri khas seblak bandunh. Selain digunakan sebagai penambah cita rasa dalam masakan, manfaat kencur juga sudah lama dikenal sebagai obat alami. Anti-inflamasi

Mirip dengan kunyit dan jahe, kencur juga dikenal dapat menghangatkan tubuh dan untuk meredakan kondisi peradangan, termasuk rheumatoid arthritis, asam urat, sakit kepala, sindrom iritasi usus, dan meredakan masalah pencernaan. Untuk mengkonsumsinya dapat dibuat menjadi minuman herbal atau dicampur sebagai bumbu masakan.

Itulah sebagian manfaat yang didapat dari mengonsumsi seblak. Mengonsumsi seblak tidak sepenuhnya berbahaya. Bukan berarti juga kita dapat menyantap makanan ini secara berlebihan karena makanan pedas yang terlalu sering kita konsumsi dapat merusak lambung dan memicu masalah pencernaan.

Reporter: Tri Jumartini
Editor: Ferly M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *