PALEMBANG

Komisi X DPR Kunjungi Sumsel

SIBERNAS.com, Palembang – Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Sumsel. Komisi yang membidangi Pendidikan dan Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Perpustakaan, serta Ekonomi Kreatif datang bertujuan menggali dan menyerap aspirasi pemerintah daerah dan masyarakat Sumsel.

Rombongan yang dipimpin Wakil ketua Komisi X DPR RI, Sutan Adil Hendra, ini disambut Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, di Ruang Rapat Griya Agung Palembang,  Jumat (14/12/18). Turut dalam rombongan, anggota Komisi X lainnya, antara lain Popong Otje Djundjunan yang populer dengan sapaan Ceu Popong,  Arzeti Bilbina dari kalangan artis, dan Sri Meliyani perwakilan Sumsel.

Herman Deru mengucapkan selamat datang kepada rombongan. “Juga setelah genapnya 74 hari kerja jadi gubernur, tentu ingin banyak tahu tugas dan tanggung jawab dari masing-masing komisi,” ujarnya.

Lihat Juga :  Gejala DBD dan Covid-19 Mirip, Segera Datangi Fasilitas Kesehatan Terdekat

Komisi X DPR RI meminta masukan berupa data faktual sesuai bidang Komisi X dan hal pokok dalam pembangunan nasional untuk memantau kendala yang terjadi Sumsel. Semua masukan itu akan dipakai sebagai bahan rujukan untuk pengambilan kebijakan.

DPR RI mempunyai fungsi anggaran dan pengawasan dengan memberikan langkah percepatan yang diinginkan Gubernur Sumsel. DPR telah menyelesaikan tiga undang-undang, di antaranya UU tentang Sistem Perbukuan Nasional dengan ciri 3M; Mutu, Murah, dan Merata untuk masa sekolah 12 tahun.

“Ini menjadi tanggung jawab pemerintah pusat,  dan pemerintah daerah hanya mendistribusikan saja,” kata Adil.

Kedua,  UU tentang Pemajuan Kebudayaan dan ketiga UU tentang Ekonomi Kreatif yang masih dalam pembahasan.

Lihat Juga :  2023 Dihapuskan, Nasib 4.000 Orang Honorer Palembang Dipertanyakan

Reporter: Muhammad Fadli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *