NASIONAL

Kemenag Hentikan Pengiriman Jamaah Umrah Tanah Air

Sibernas.com, Jakarta-Kementerian Agama (Kemenag) saat ini menghentikan sementara penerbangan jamaah umrah terhitung 15 Januari 2022.

Penghentian tersebut dilakukan lantaran adanya evaluasi skema One Gate Policy (OGP) yang diberlakukan disusul dengan pemantauan Omicron yang berkembang baik di tanah air maupun di Saudi Arabia.

“Kami akan mengkaji konsep OGP secara menyeluruh dengan melihat perkembangan yang terjadi, di saat virus Omicron makin berkembang di beberapa negara termasuk Indonesia dan Arab Saudi,” kata Hilman selaku Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag dikutip dari Antara, Selasa (18/1/2022).

Kemenag sendiri resmi melepas pemberangkatan jamaah umrah pertama usai dua tahun digempur badai pandemi Covid-19 pada 8 Januari 2022 sebanyak 1.731 jamaah yang berangkat melalui Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede Jakarta.

Lihat Juga :  Kecelakaan Maut di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas, Sopir Positif Narkoba

Dalam pelaksanaan skema OGP, jamaah yang tiba di Asrama Haji Pondok Gede langsung melakukan pengecekan kesehatan dan dokumen. Menurut Hilman, jemaah yang berangkat pada 8 Januari 2022 kemarin akan tiba kembali di Indonesia pada 17 Januari 2022.

Setibanya para jamaah, Kemenag langsung melakukan tindakan untuk dievaluasi serta melihat ada tidaknya yang terpapar varian baru Covid-19, Omicron.

“Jamaah umrah akan diberangkatkan sampai tanggal 15 Januari 2022 dan kita coba hentikan sementara dalam rangka evaluasi,” ujar Hilman.

Dia mengatakan, bahwa umrah sama halnya dengan melakukan perjalanan luar negeri lainnya. Menurutnya, kemenag hanya berperan dalam memberikan fasilitas pemberangkatan. Sementara itu, yang memiliki peran lebih banyak adalah Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

Lihat Juga :  Kecelakaan Maut di Tol Surabaya-Mojokerto, 13 Penumpang Tewas, Sopir Positif Narkoba

Editor: Ferly M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *