KRIMINALITAS

Kamera ETLE Mampu Menurunkan Pelanggaran Lalu Lintas di Palembang

Sibernas.com, Palembang-Pemasangan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Sumsel, mampu menurunkan angka pelanggaran lalu lintas di Kota Palembang hingga 30%.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumsel, Kombes Pol M Pratama mengatakan, dalam satu hari pemantauan melalui kamera ETLE ada 3000 bentuk pelanggaran. Namun sejak difungsikannya camera tersebut, pelanggar lalu lintas menurun hingga 30%.

“Sebelumnya kami telah memberitahukan mengenai fungsi kamera tersebut, sehingga jumlah pelanggaran lalu lintas menurun hingga 30 persen,” kata Pratama.

Saat ini penerapan kamera ETLE masih dalam tahap sosialiasi. Bagi pelanggar yang terekam kamera dan kedapatan melanggar akan diberi surat konfirmasi dengan tujuan pelanggar tersebut datang dan mengakui kesalahannya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Lihat Juga :  Jagalah Aurat dan Kehormatanmu, Jangan Sampai Mengundang Orang Berbuat Jahat

Mengenai sampai kapan ELTE dalam tahap sosialisi dilaksanakan, Pratama menjelaskan kemungkinan dilakukan hingga bulan Februari 2022.

“Kita masih menunggu surat telegram dari korlantas Polri,” katanya.

Ia berharap kedepannya tidak ada pelanggar-pelanggar di jalanan apalagi dengan sudah adanya camera ETLE.

“Yang kebanyakan melanggar biasanya orang yang tidak menggunakan helm, melawan arus dan tidak menggunakan sabuk pengaman,” katanya, Selasa (11/1/2022).

Editor: Zahid Blandino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *