BERITA UTAMASUMSEL

Jalan Rusak, Masyarakat Tak Boleh Mengeluh

SIBERNAS.com, BELITANG-Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta masyarakat tidak mengeluh terkait kerusakan jalan. Apalagi, jalan poros yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov)Sumsel akan rampung diperbaiki pada tahun 2019 .

Hal tersebut disampaikan Herman Deru ketika meninjau pengerjaan perbaikan ruas jalan provinsi yang ada di Belitang, Kabupaten OKU Timur, di sela-sela perjalanannya menuju Pondok Pesantren Al- Jihadul Karim Putra,  Desa Sumber Mulyo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten OKU Timur, Minggu (7/4/2019).

Dalam tinjauannya tersebut Herman Deru turun langsung dari mobil dinas yang membawanya, bahkan sempat berbincang dengan warga sekitar, sembari melontarkan kata permintaan maaf pada warga yang dimungkinkan  tidak nyaman karena tumpukan material serta alat berat yang tengah operasional meratakan material yang ditumpahkan di badan jalan milik provinsi tersebut.

“Maaf ya, jalanya  masih dalam perbaikan,” ujar Herman Deru sembari mengucapkankan salam kepada warga dan para pengguna jalan yang tengah melintas.

Herman Deru juga meminta masyarakat sekitar untuk bersabar selama perbaikan berlangsung. Disamping tetap mengajak warga untuk berperan aktif  mengawasi dan menjaga jalan aset yang telah dibangun oleh pemerintah

“Saya  tidak ingin lagi mendengar dan masyarakat mengeluh karena jalan rusak ,” ungkapnya ditemui usai berdialog dengan masyarakat.

Dikatakan Herman Deru, dia sengaja memantau langsung proses perbaikan ruas jalan provinsi tersebut sebagai soft launching. Sedangkan  pada  tanggal 10 April 2019 akan dilakukan melaunching semua anggaran infrastruktur untuk  kabupaten/kota dan provinsi dan APBN  secara serentak di Sumatera Selatan.

“10 April ini, akan kita launching anggaran serentak pembangunan infrastruktur di Provinsi Sumsel. Untuk Kabupaten  OKU Timur  penganggaran punya budget yang lumayan besar dari provinsi.  Untuk memperbaiki jalan yang  10 tahun ini, perbaikannya  tidak merata,” tambahnya.

Gubernur berharap dengan rampungnya perbaikan jalan provinsi di kabupaten/kota dalam Provinsi Sumsel pada tahun 201, akan berimbas pada  terjadinya peningkatan kesejahteraan masyarakat

“Harapan saya akan terjadi peningkatan ekonomi karena tidak terdapat lagi pemborosan-pemborosan yang tidak perlu seperti minyak dan jarak waktu tempuh,” kata Herman Deru.

Sementara Pelaksana tugas Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Sumsel Dharma Budi menuturkan, untuk perbaikan jalan di Kabupatan OKU Timur bersumber dari  d APBD Provinsi Sumsel dan APBN dengan total  anggaran Rp74  miliar. Dana tersebut akan dialokasikan untuk perbaikan jalan provinsi  mulai dari Kurungan Nyawa- Gumawang. Selanjutnya Gumawang-Pematang Panggang – Dabuk Rejo.

“Yang ditinjau Pak Gubernur hari ini adalah ruas jalan penghubung Kurungan nyawa-Gumawang sepanjang 28km. Kita harapan jarak tempuh BK 0 hingga Kota Gumawang  yang selama ini satu jam lebih. Setelah diperbaiki  jarak tempunya lebih cepat lagi,” pungkasnya.

Editor : Zahid Blandino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *