BERITA UTAMASUMSEL

Jadi Guru Jangan Gaptek Saat Mengajar

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tridinanti Palembang (UTP) melaksanakan yudisium ke-16. Sementara pelaksanaan wisuda dengan pelantikan 10 sarjana baru akan dilakukan, Kamis (25/4/2019).

Rektor Universitas Tridinanti Palembang Dr Nyimas Manisah yang diwakilu Drs Sugiri Dinah, M.Si, menekankan agar guru jangan gagap teknologi dalam mengajar.

“Saat ini kita memasuki era revolusi industri 4.0 yang menginginkan sumber daya manusia yang berkualitas, kreatif, dan inovatif. Di era ini pemanfaatan teknologi cukup gencar, untuk itu anda sebagai calon guru jangan gagap terhadap teknologi,” jelas Sugiri.

Jika ingin bersaing di dunia kerja. Mengajar jangan menggunakan metode yang konvensional, siswa mudah bosan, jika anda menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar, tentu siswa akan cepat menyerap pelajaran.

Lihat Juga :  Update Covid-19 : 32 positif, 5 sembuh dan 2 meninggal

Sugiri menambahkan, sarjana baru harus mampu melahirkan ide-ide baru, gagasan yang kreatif, serta tindakan nyata yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Sarjana harus mampu melahirkan ide, mampu memanfatkan teknologi, atau berwira usaha, jadi bukan hanya mencari kerja, tetapi mampu menciptakan lapangan kerja” tambahnya.

Sementara Dekan FKIP Univeristas Tridinanti Palembang Prof Dr Rusman Roni, MPd, mengharapkan kepada sarjana baru FKIP ini dapat bersaing di dunia kerja. Dekan memaparkan kesiapan menyambut revolusi industri 4.0 telah diantisipasi oleh UTP, hal ini dapat dilihat dari pembelajaran yang diterapkan telah berbasis KKNI.

“Alumni FKIP UTP telah mengantisipasi perubahan ini. Hal ini dapat dilihat dari kurikulum UTP yang telah menawarkan mata kuliah khusus kepada mahasiswa. Mahasiswa mendapatkan keterampilan khusus diluar dari materi pengajaran. Jadi nanti mahasiswa mendapatkan sertifikat pendamping selain dari ijazah,” urainya.

Lihat Juga :  Hari Kedua Lebaran, Pasien Positif Virus Corona Bertambah 76 orang

Dia menambahkan, saat ini UTP telah mendapatkan akreditasi B untuk institusi, dan akreditasi B untuk kedua program studi yang dimiliki yakni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

“Tahun 2018 kemarin, sibuk-sibuk penerimaan PNS, kita tidak menyangka bahwa alumni kita yang baru lulus tahun 2018 telah diterima sebagai PNS guru di kabupaten yang ada di Sumsel ini. Ini berarti, alumni FKIP UTP dapat bersaing dengan lulusan dari univeristas lain. Saya bangga dengan prestasi ini,” tutup dia.

Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close