OLAHRAGA

Inilah Tips Untuk Bangkitkan Mood Olahraga dari Hasil Penelitian

SIBERNAS.com – Olahraga adalah salah satu sarana untuk menciptakan hidup sehat. Kadang kala manusia sering tidak konsisten sehingga tidak bisa rutin olahraga dengan berbagai alasan.

Konon, mendengarkan musik saat berolahraga tidak hanya bisa meningkatkan mood, tapi juga mengaktifkan bagian otak yang mencegah rasa kelelahan.

Sebuah penelitian membuktikan, mendengar Marvin Gaye ‘I Heard It Through The Grapevine’ saat sedang melakukan aktivitas fisik, dapat menstimulasi area otak yang mengurangi kelelahan.

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Psychophysiology ini menyoroti bagaimana musik dapat mencegah kelelahan saat olahraga.

Para partisipan dalam penelitian mengklaim, mereka hanya mendengarkan lagu selama 11 menit, dan membuat merasa latihan fisik sudah diselesaikan dalam 60 detik.

Lihat Juga  Liga 1, Alvredo Resmi Melatih Sriwijaya FC

Mereka juga merasakan, rutinitas mereka agak jauh dari kesan monoton, dan bahkan lebih mudah dilakukan ketika lagu dimainkan.

Lihat Juga :  Bhayangkara FC Gusur Arema FC dari puncak klasemen BRI Liga 1

Musik memainkan peran penting dalam memberikan lebih banyak kegembiraan, dan mengalihkan pikiran ke hal-hal yang tak terkait dengan “beban” yang ada di depan mata.Musik pun membantu menghindari kebosanan diantaranya saat olahraga.Demikian kesimpulan yang disampaikan penulis dalam penelitian ini, Marcelo Bigliassi.

Temuan ini diamati setelah para peneliti mengamati perubahan di area tertentu di otak.”Musik adalah stimulus pendengaran yang sangat kuat dan dapat digunakan untuk meredakan sensasi tubuh negatif yang biasanya timbul selama situasi yang berhubungan dengan latihan.” Seperti dilansir jateng.tribunnews.com

Lihat Juga  Prediksi Arsenal vs Leicester City

“Respons psikofisik ini dipicu oleh mekanisme perhatian yang pada akhirnya akan menghasilkan kontrol yang lebih manjur terhadap otot-otot.” Demikian penjelasan Bigliassi yang dikutip laman PsyPost.

Lihat Juga :  Persila Juara Piala Soeratin U-17 Sumsel

“Apa yang telah kami identifikasi dalam penelitian ini adalah bahwa gyrus frontal inferior kiri aktif ketika individu olahraga bersamaan dengan musik.”

“Wilayah otak ini tampaknya menjadi pusat integrasi sensorik, memproses informasi dari sumber eksternal dan internal,” kata Bigliassi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *