KALAM

Ingin Masuk Surga, Baca Ayat Kursi Setelah Salat Fardhu

Sibernas.com,-Setelah melaksanakan salat wajib atau salat fardhu, kita dianjurkan untuk beristigfar dan berzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Bahkan tak sedikit hadis yang menjelaskan tentang manfaat berzikir setelah salat. Salah satunya tentang membaca Ayat Kursi.

Ayat ke-255 dari surah Al-Baqarah ini dianjurkan untuk dibaca setiap salat, karena mengandung beberapa keistimewaan dan keutamaan.

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

“Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai salat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram).”

Syaikh Bin Bâz rahimahullah dalam kitabnya “Majmu Fatawa wa Maqalat’ menjelaskan:

“Ayat ini sangat agung dan memiliki keutamaan dalam kitab Allah Subhanahu wa Ta’ala. Karena mengandung tauhid dan keikhlasan kepada Allah, serta menerangkan tentang kebesarannya. Bila seseorang membaca ayat ini setiap selesai salat, maka ia akan menjaganya dari setiap kejahatan, begitu pula jika membacanya ketika tidur”.

Dalam hadis riwayat Imam Atthabrani dari Sayidina Hasan bin Sayidina Ali, Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, bersabda;

من قرأ اية الكرسي في دبر الصلاة المكتوبة كان في ذمة الله الى الصلاة الأخرى

“Barangsiapa membaca ayat kursi setelah salat wajib, maka dia berada dalam perlindungan Allah hingga shalat berikutnya.”

Dari kedua hadis di atas, Hasan bin Ali Assaqaf dalam kitabnya ‘Shahih Shifati Shalatin’ Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mengatakan bahwa membaca Ayat Kursi setelah salat wajib hukumnya sunnah dan sangat dianjurkan untuk diistiqamahkan agar di dunia mendapat perlindungan Allah dan di akhirat mendapat nikmat surgaNya.

Lihat Juga :  Perbanyak Istighfar, Minimal 70 Kali Sehari

Syekh Ali Jaber dalam salah satu ceramahnya mengingatkan agar jangan terburu-buru menjalani aktivitas kembali setelah salat. Sisihkan waktu beberapa menit untuk berzikir dan membaca Ayat Kursi.

“Saya sering mengingatkan jamaah. Apa pun kesibukannya, buru-buru, ada meeting, janji tidak bisa bertahan lama di musala atau masjid paling tidak habis istigfar, Allahuma antassalam wa mingkasalam sampai selesai,langsung Ayat Kursi. Habis itu silahkan bubar (pergi) bebas,” kata Syekh Ali Jaber.

Manfaat Membaca Ayat Kursi

Selain dibaca setelah salat fardhu masih banyak manfaat dari membaca Ayat Kursi bila diamalkan di berbagai kesempatan. Dirangkum dari berbagai sumber berikut manfaat dari membaca Ayat Kursi ini, antara lain:

1. Membuka pintu hikmah dan rezeki

Dilansir dari kitab “Asraaul Mufidah” Barang siapa yang membaca ayat kursi sebanyak 18 kali setiap harinya maka Allah akan membukakan dadanya untuk pintu hikmah, dimudahkan rezekinya, dinaikan derajatnya oleh allah bukannya hanya di akhirat tetapi juga di dunia. Dan orang yang membacanya sebanyak 18 kali juga akan diberikan pengaruh sehingga semua orang akan menghormatinya dan dirinya juga akan di jaga dengan izin allah dari segala bencana yang akan menimpanya hari itu.

2. Dimudahkan ilmunya

Syeikh Abu Abbas menerangkan bahwa bagi orang yang membacakan ayat kursi sebanyak 50 kali dan meniupkannya ke air hujan dan meminumnya. Maka allah akan memudahkan akal fikirannya dan juga akan dimudahkan ilmu pengetahuannya.

3. Dijaga dari setan dan kejahatan

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda “Umatku yang membaca ayat kursi sebanyak 12 kali pada pagi jum’at, kemudian berwudhu dan melaksanakan shalat dua rakaat, Allah memeliharanya dari kejahatan setan dan kejahatan pembesar”

Lihat Juga :  5 Doa Mustajab Agar Anak Pintar dan Soleh Soleha

4. Dijaga saat bersafar

Bagi orang yang membaca ayat kursi saat perjalanan (safar) ataupun saat ingin memulai perjalanan, maka Allah akan memudahkan perjalanannya dan allah akan melindungi selama perjalanannya.

5. Mengusir jin dan setan dari hunian baru

Bagi yang baru saja pindah rumah, sebaiknya membacakan ayat kursi sebanyak 100 kali di dalam rumah, dengan izin Allah keluarga kita akan terjaga dari gangguan lahir dan batin.

6. Penyambung surga dan menjaga diri

Barang siapa yang membaca ayat kursi setiap setelah salat, maka tidak ada yang menghalangi dia dan surga kecuali maut (kematian). Dan barang siapa yang membacanya sebelum tidur maka Allah akan menjaganya ke atas rumahnya, rumah jirannya dan ahli rumah-rumah sekitarnya.

7. Dimudahkan Allah SWT

Syeikh al-Bunni menerangkan bahwa barang siapa yang membaca ayat kursi sebanyak huruf pada ayat tersebut yaitu 170 huruf, maka allah akan memberikan pertolongan padanya, menunaikan segala hajat yang ia punya, melapangkan fikirannya sehingga lebih mudah berfikir, diluaskan rezekinya, dihilangkan duka darinya, dan diberikan apa yang ia tuntut (yang ia doa kan)

8. Dilindungi oleh 2 malaikat

Barang siapa yang membaca ayat kursi sebelum ia hendak tidur maka allah akan memerintahkan 2 malaikat untuk menjaganya selama ia tidur sampai pagi.

Dan sabda Nabi Muhammad SAW dari Abi Qutadah. Abdurrahman bin ‘auf menerangkan bahwa Nabi Muhammad apabila masuk ke dalam rumahnya, dibacakan ayat kursi di empat penjuru rumahnya dan berharap ayat kursi tersebut dapat menjadi penghalang dan dinding bagi setan.

Demikianlah beberapa manfaat dari membaca Ayat Kursi ini. Semoga sebagai muslimah, kita bisa istiqamah mengamalkannya. Wallahu A’lam

Editor: Ferly M

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close