LIFESTYLE

Hukum Cowok Pakai Emas

SIBERNAS.com – Dan apakah patut (menjadi anak Allah) orang yang dibesarkan dalam keadaan berperhiasan sedang dia tidak dapat memberi alasan yang terang dalam pertengkaran.” (QS. Az-Zukhruf: 18)
Di era globalisasi seperti sekarang, semakin banyak anak muda yang berlebih-lebihan dalam berhias, bahkan melebihi wanita-wanita muslimah dalam berhias.

Padahal Allah dan Rasul-Nya telah mengharamkan kepada kita kaum muslimin untuk berlebih-berlebihan dalam segala hal, karena ia adalah bagian dari amalan syaitan, terlebih-lebih dalam berhias. Nah, salah satunya soal cowok yang pake emas. Gimana sih hukumnya dalam Islam?

Bagaimana hukum memakai emas bagi seorang laki-laki muslim, apakah itu sebagai kalung, cincin, gelang, anting-anting atau sebagai gigi palsu mereka. Apakah hal itu halal (dibolehkan) atau sebaliknya diharamkan oleh syari’at Islam. Ternyata hukum bagi seorang laki-laki memakai emas itu haram.

“Alasan diharamkannya emas bagi kaum laki laki, bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam telah menegaskan tentang haramnya memakai emas bagi kaum laki-laki, tidak bagi kaum wanita. Alasannya karena emas itu termasuk perhiasan yang memiliki nilai tinggi dalam mempercantik dan menghiasi seseorang, sehingga dikategorikan sebagai hiasan dan perhiasan,

sedangkan orang laki-laki bukanlah peminat hal tersebut, yakni bukan sosok manusia yang menyempurnakan diri atau disempurnakan dengan sesuatu yang di luar dirinya, melainkan sempurna dengan sesuatu yang terdapat di dalam dirinya, karena ia mempunyai sifat kejantanan atau maskulinitas sehingga ia tidak membutuhkan perhiasan untuk menarik perhatian lawan jenisnya,” ucap Qabul Afgan Siregar, S.Pd.I, Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Palembang.

Jadi, seorang laki-laki tidak membutuhkan perhiasan untuk menarik perhatian wanita supaya mencintainya. “Hal ini Berbeda sekali dengan wanita, karena ia memiliki kekurangan sehingga ia membutuhkan berbagai perhiasaan yang bernilai tinggi, di mana perhiasan itu dibutuhkannya hingga di dalam pergaulan di antara mereka dan di depan suaminya.

Oleh karena itu, wanita diperbolehkan memakai perhiasan emas dan tidak bagi laki-laki,” tambahnya.
Nah, lho buat semua laki-laki. Sebaiknya sebagai seorang laki-laki, tidak memakai emas baik cincin, kalung, gelang atau apapun yang berbentuk emas termasuk untuk bayi laki-laki, masih berusia kecil hingga dewasa. Jadi, mending emas nya dibuat nafkahi keluarga aja! Hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *