KRIMINALITAS

Hoax, Tarif Denda ETLE Viral di Medsos

Sibernas.com, Palembang-Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Sumatera Selatan (Sumsel) Kombes Pol M Pratama Adhyasastra memastikan tidak pernah mengeluarkan daftar besaran denda tilang bagi pelanggar lalu lintas yang terbukti terekam kamera Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Kata dia, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumsel dan Satlantas Polrestabes Palembang belum mengeluarkan sanksi denda bagi pelanggar program ETLE.

“Itu hoax! Tidak Ada,” jelasnya.

Sebelumnya beredar luas di media sosial (Medsos) tarif denda dari ETLE dengan jumlah yang beragam. Padahal hingga saat ini Polda Sumsel masih dalam tahap sosialisasi, terkait penggunaan ETLE. Menurut Pratama, saat ini masih dalam tahap sosialisasi sebelum diterapkan sepenuhnya.

“Kalau nanti sudah dilaksanakan, kita akan kenakan denda maksimal, tentunya dengan memperhatikan saran dan masukan dari Mahkumjakpol, Kehakiman dan Polri,” terangnya.

Lihat Juga :  Biadab, 2 Pria di Sumsel ini Rampok Serta Perkosa Nenek 59 Tahun

Dia mengatakan, besaran denda bagi pelanggar ETLE akan disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Namun yang pasti denda maksimal akan dijatuhkan sebagai hasil musyawarah kami dengan MK, Kejaksaan, dan Polri,” ujarnya.

Editor: Ferly M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *