BERITA UTAMAKULINER

Hindari Makanan Pedas dan Berminyak Selama Puasa

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Selama berpuasa satu bulan lamanya, kesehatan tubuh harus tetap diperhatikan. Selama bulan Ramadhan ini, Dinas Kesehatan menyarankan masyarakat untuk menghindari makanan pedas dan berminyak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia mengatakan, selama puasa godaan ingin makan ini itu tapi kebanyakan orang tidak memperhatikan lagi mana makanan yang sehat atau sekadar enak.

Saat puasa, terjadi perubahan pola makan, sehingga pada saat awal puasa, asam lambung tetap keluar pada waktu jam makan siang.

“Hal ini bisa terjadi sehingga perut jadi nyeri dan mual karena tidak makan. Setelah mulai menyesuaikan berpuasa, barulah┬áperut beradaptasi sehingga tidak lagi┬ámerasa mual,” ujarnya, Senin (6/5/2019).

Selama dalam kondisi berpuasa, umat muslim untuk tetap memperhatikan menu makanan. Jadi sebaiknya hindari makanan yang pedas, asam, berminyak, santan dan gas.

“Juga makan hindari makanan yang susah dicerna seperti ketan dan mie instan serta makanan yang mengandung gas,” jelasnya.

Selain itu, makanlah dengan porsi cukup dan jangan sampai berlebihan. Juga awali makanan kecil untuk berbuka agar perut tidak langsung kembung.

“Begitu juga saat sahur. Makanan yang cukup mengandung karbohidrat protein dan serat. Contohnya makan nasi, sayur dan boleh ditambah cereal. Menu ini akan membuat perut cukup kenyang dan bisa kuat selama seharian,” pungkasnya.

Editor : Zahid Blandio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *