EDUKASI

Hindari Data Palsu, Verifikasi Data PPDB SMAN 3 Dilakukan Tatap Muka

Sibernas.com, Palembang-Guna menghindari data-data palsu atau hal-hal yang tak diinginkan, rangkaian proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA Negeri 3 Palembang dilakukan secara tatap muka di tahap verifikasi.

Pasalnya, sebagai salah satu sekolah rujukan, pihak sekolah melakukan ferivikasi ekstra agar data yang diberikan pendaftar secara online adalah data akurat sesuai dengan aslinya.

Kepala SMA Negeri 3 Palembang Dra Hj Purwiastuti Kusumatiwi, MM, mengatakan, proses pendaftaran tetap dilakukan secara online, hanya verifikasi berkas saja yang tatap muka.

“Tapi tetap kita lakukan protokol kesehatan dengan ketat, mengingat Pandemi Covid-19, apalagi jumlah ODP di Sumsel terus meningkat,” ujar Purwiastuti, Kamis (14/5/2020).

Ia menambahkan, protokol kesehatan dimulai dari pintu gerbang dilakukan cek suhu, wajib menggunakan masker, dan setiap datang dan pulang wajib mencuci tangan menggunakan sabun yang telah disediakan sekolah.

Lihat Juga :  Peroleh Beasiswa Pendidikan PTBA, Tiga Anak yang Kurang Mampu Ini, Bisa Sekolah Lagi

Menurutnya, konsep PPDB tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yakni antara sekolah rujukan dan reguler dilakukan secara serentak.

“Sehingga pendaftar hanya bisa memilih satu sekolah dan satu jalur dalam setiap periode pendaftaran,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia PPDB SMAN 3 Palembang Drs Edi Ramlan MPd mengatakan, tahun ini SMAN 3 Palembang menerima 432 siswa baru dalam 12 rombongan belajar. Dan proses pendaftaran bisa diikuti di dua periode yakni periode pertama bisa memilih jalur zonasi, afirmasi dan mutasi dan periode kedua jalur mandiri.

“Dari 432 siswa baru yang akan diterima, terdiri dari kuota zonasi sebanyak 30 persen, afirmasi 10 persen, mutasi atau perpindahan orang tua 10 persen dan jalur mandiri sebanyak 50 persen,” ujarnya.

Lihat Juga :  Sekolah Filial Keluhkan Tak Ada Bantuan Internet di Masa Pandemi

Untuk pendaftaran jalur zonasi, mutasi dan afirmasi sudah dibuka sejak 11-13 Mei 2020 dan saat ini dalam proses verifikasi data pendaftar

“Sementara untuk pengumuman jalur zonasi, afirmasi dan mutasi akan dilakukan pada 18 Juni 2020 dan sedangkan tes jalur mandiri pada 27 Juni 2020,” pungkasnya.

Reporter : Sugiarto
Editor : Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close