SUMSEL

Himbau Galakan Sosialisasi Cegah Penyimpangan Jual Beli Tanah

Sibernas.com, Palembang-Gubernur Sumsel H Herman Deru mengajak pengurus wilayah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (|PPAT) Sumsel untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan hukum untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan yang tidak baik dan dapat merugikan masyarakat itu sendiri. “Kuncinya satu bahwa kita punya tanggung jawab moril menjadikan masyarakat yang sadar hukum. Karena jika saja nanti terjadi perkara maka akan merugikan penjual itu sendiri,” Katanya saat diwawancarai seusai menerima Audiensi IPPAT dalam rangka untuk meningkatkan sinergitas antara IPPAT Sumsel dengan Pemprov Sumsel dalam keikutsertaan membantu perekonomian Sumsel di masa yang akan datang, Selasa (23/06/2020).

Menurut Deru, tentang kesadaran hukum yang ada dilapangan, tentu perlu didukung dengan adanya konsistensi dari pemerintah. Oleh sebab itu, HD juga akan mengeluarkan surat edaran ke kab/kota terkait dengan himbauan agar masyarakat dapat bertransaksi dengan kepastian hukum. “Saya juga mendukung pelaksanaan Pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) secara online,” ujarnya

Lihat Juga :  Pasien Sembuh Covid19 di Sumsel Terus Bertambah

Sementara itu, Ketua IPPAT, Firlandia Muchtar, SH SpN daIam kesempatan itu, berharap agar Gubernur Sumsel dapat mendukung pelaksanaan validasi Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP). “Pembayaran Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) juga bisa dilakukan secara online, cara ini juga praktis untuk meminimalisir adanya KKN,” katanya singkat.

Reporter :Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close