BERITA UTAMASUMSEL

Hasil Sidak, Mayoritas ASN Sudah Disiplin

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Nasrun Umar menilai kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah mulai membaik. Penilaian ini disampaikan usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak)pascalibur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, Senin (10/6/2019).

Nasrun Umar langsung melakukan sidak ke  sejumlah organisasi Perangkat Daerah (OPD) di antaranya Dinas Perhubungan, Dinas Pertambangan dan ESDM, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Sosial, Dinas Perikanan, Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) dan Dinas PU Bina Marga.

Dalam sidak tersebut, Sekda didampingi Asisten III Bidang Adminitrasi dan Umum Setda Provinsi Sumsel Prof Edward Juliartha dan Kepala Inspektorat Provinsi Sumsel Bambang Wirawan. Mayoritas pegawai dinilai sudah disiplin, terbukti dari hasil sidak tidak lebih dari tiga pegawai tanpa keterangan (TK).

Lihat Juga :  Deru: Optimalkan Peran BPK dalam Pengelolaan Keuangan agar Berjalan Baik

“Saya merasa bangga dan memberikan apresiasi karena dari beberapa Dinas yang saya datangi itu tidak ada yang lebih dari tiga tanpa meterangan (TK),” ungkap Nasrun di sela-sela sidak.

Menurutnya, dari setiap OPD tidak lebih dari tiga pegawai  tanpa keterangan. Jika dipersentasikan tidak sampai satu persen. Artinya, ASN ini sudah mengerti akan tugas dan tanggung jawabnya. Hanya saja lanjut dia, pegawai yang TK akan tetap dilakukan pembinaan melalui ketentuan PP yang memang mengatur tentang Kedisiplinan ASN.

“Hasil sidak  ini akan kita laporkan langsung kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI. Karena perintahnya memang seperti itu,” terangnya.

Sementara itu, untuk pegawai yang tidak masuk tanpa keterangan (TK)  akan dikenakan sanksi tegas sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tentang Peratura Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Sanksi tersebut berupa teguran keras Surat Peringatan (SP) 1.

Lihat Juga :  Banjir Jadi Kolam Renang Dadakan Bagi Anak-Anak di Papera

“Saya sudah instruksikan kepada Kepala BKD dan Kasat Pol PP Provinsi Sumsel untuk tidak segan-segan menerapkan PP 53 Tahun 2010 bagi ASN yang masih kedapatan mangkir masuk kerja. Hari ini juga akan saya terbitkan Surat Peringatan (SP) 1 bagi ASN yang tidak masuk kerja tanpa keterangan,” pungkasnya.

Reporter : Morino
Editor : Zahid Blandino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *