SUMSEL

Hari Ke 2 Bulan Ramadhan, Harga Bawang Putih Buat Mata Perih

SIBERNAS.com – Satgas Pangan Musi Banyuasin (Muba) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Tradisional Talang Jawa, Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu. Sidak sendiri bertujuan untuk mengetahui ketersediaan dan harga bahan pokok saat ini.

“Dari sidak yang kita lakukan memang ada kenaikan (harga)n tapi itu masih dalam keadaan normal dan sebatas wajar,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Muba, Apriyadi, saat dibincangi disela-sela Sidak, Selasa (7/5/2019).

Dari keseluruhan kenaikan harga bahan pokok, sambung Apriyadi, kenaikan harga bawang putih menjadi sorotan pihaknya lantaran terjadi perubahan harga yang sangat signifikan dalam beberapa pekan terakhir.

“Ada harga bahan poko yang mengalami perubahan sangat tinggi, itu bawang putih yang biasanya Rp 25.000-Rp 30.000 per Kilogram, saat ini mencapai harga Rp 80.000-100.000 per kilogram,” jelas dia.

Lihat Juga :  Update Covid-19 : 32 positif, 5 sembuh dan 2 meninggal

Lebih lanjut Apriyadi mengatakan, adanya kenaikan harga yang sangat tinggi tersebut, menimbulkan berbagai dugaan, seperti adanya distributor atau agen yang nakal, sehingga mempermainkan pasokan dan harga bahan pokok.

“Inilah yang perlu kita cek kelapangan. Memang benar harganya sangat tinggi kenaikan. Ini indikasi bahwa ada semacam kelangkaan barang, sehingga terjadi kenaikan harga. Kita tidak bisa menuduh, tapi ada indikasi permainan dari pihak penyuplai yang menahan barang, saat harga tinggi baru dilepas,” jelas dia.

Dikutip dari globalplentnews, Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, mengatakan, saat ini pengecekan baik harga maupun ketersediaan bahan pokok di pasar tradisional selalu dilakukan olh tim Satgas Pangan Muba. “Terkait dengan adanya kenaikan harga, kita akan koordinasikan karena tingkatnya berjenjang,” kata dia.

Lihat Juga :  Update Covid-19 : 32 positif, 5 sembuh dan 2 meninggal

Disinggung apakah ada sanksi atau tindakan tegas bagi para agen atau distributor di Muba yang nakal, Andes menegaskan hal itu akan diberikan sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Untuk distributor yang nakal, kita koordinasi dengan Polda Sumsel, karena ini soal jaringan, jadi akan dicari dan ditindak,” tandas dia.

Sekedar informasi, berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Muba, harga bahan pokok per 7 Mei yakni untuk cabe rawit hijau dan caber merah besar sebesar Rp40.000 per Kilogram, cabe merah keriting Rp50.000 per kilogram, bawang merah Rp40.000 perk kilogram, bawang putih Rp100.000 per kilogram, daging sapi Rp130.000 per kilogram daging ayam ras Rp35.000 per kilogram, dan telur ayam ras Rp24.000 per

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close