SYARIAH

Gubernur Sumsel Laksanakan Shalat Hajat dengan Khidmat

 SIBERNAS.com,PALEMBANG –Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru, pada hari ini (rabu, 01/04/2020) sekitar pukul 18.39 WIB melaksanakan 2 rakaat Shalat Sunat Hajat di Griya Agung.

Dalam pelaksanaan Shalat Sunat Hajat di Griya Agung tersebut, Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi kepala kantor wilayah (kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumsel, HM Alfajri Zabidi dan dipandu atau sebagai Imam Shalat Sunat Hajat yaitu Ust H Abdurrahman.

Pelaksanaan Shalat Sunat Hajat di Griya Agung ini meskipun menerapkan social distancing (jaga jarak) 1 meter tetap berlangsung dengan khidmat. Tampak Gubernur Sumsel H Herman Deru yang menggunakan pakaian muslim berwarna putih, bersarung dan berkopiah berwarna hitam mengikuti shalat sunat hajat ini dengan khusyuk sampai dengan selesai.

Sebelum melaksanaan Shalat Sunat Hajat tersebut, Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengatakan,pada kesempatan ini dirinya mengajak seluruh warga Provinsi Sumsel, apapun agamanya untuk dapat berdoa agar virus corona yang saat ini sedang melanda di dunia, khususnya di Provinsi sumsel agar cepat hilang.

“Pada malam hari ini (maghrib ini), Khusus untuk umat muslim saya ajak untuk bersama-sama melaksanakan shalat sunat hajat dua rakaat dirumah masing-masing. Dan marilah kita mendekatkan diri dan memohon kepada Allah SWT agar virus corona dapat segera hilang, mudah-mudahan doa kita bersama ini dapat di ijabah Allah SWT,” katanya.

Lihat Juga :  Ingat, Meski New Normal Diterapkan, Kegiatan Ibadah Tetap di Rumah

Lanjutnya, dalam menanggulangi Virus Corona (covid 19) di Provinsi Sumsel ini, pihaknya telah berupaya dengan berbagai cara, mulai dari mensterilkan lingungan, mensterilkan diri sendiri, selalu mencuci tangan, menjaga kesehatan dan menjaga asupan. Bahkan pihaknya juga sudah melaksanakan sosialisasi Social distancing sampai kedesa-desa yang ada di Provinsi Sumsel.

“Alhamdulillah, masyarakat Sumsel dalam menangulangi virus corona sudah ikut berperan serta karena semau anjuran yang dilakukan pemerintah diikuti dan sangat gigih saya lihat,” ujar Deru.

Deru mengungkapkan, pihaknya sekali menghimbau dan mengingatkan khususnya warga Provinsi Sumsel untuk tetap menjaga jarak dan juga menjaga stamina.

“Meskipun kita merasa stamina kuat tetap jaga stamina tersebut dengan cara menjaga jarak sampai dengan puncaknya penurunan kembali virus corona ini. Jadi, apapun golongannya, status sosialnya dan jabatanya marilah kita tetap menjaga jarak dan juga berdoa dan memohon kepada allah swt agar dapat terlepas dari ancaman virus corona ini,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pihakya juga berharap agar seluruh pasien baik yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun Orang Dalam Pengawasan (ODP) dapat segera sembuh sehingga lepas dari ancaman virus corona tersebut.

Lihat Juga :  Ingat, Meski New Normal Diterapkan, Kegiatan Ibadah Tetap di Rumah

“tak lupa kita juga berdoa agar para tenaga medis yang berjibaku dengan keras dalam melayani dan mengobati pasien yang terkena virus corona ini diberikan kesehatan dan kekuatan sehingga tidak terkena virus corona dan juga dapat terus membantu dan memberikan pengobatan untuk pasien yang terkena virus corona,” kata Deru.

Sementara itu, Imam Shalat Sunat Hajat di Griya Agung, Ust H Abdurahman mengatakan, mari laksanakan dua rakaat Shalat Sunat Hajat ditempat masing-masing dengan khidmat dan khusyuk.

“Dalam melaksanakan shalat sunat hajat ini yang perlu dilakukan pertama yaitu niat (Sengaja Aku Shalat Sunat Hajat Dua Rakat Karena Allah SWT), kedua takbir ikhram, ketiga membaca Surat Alfatiha, keempat membaca surat Al-Kafirun sebanyak tiga kali, kelima ruku, keenam iftidal, ketujuh sujud, kedelepan duduk diantara dua sujud, kesembilan berdiri kembali dan membaca surat alfatiha, kesepuluh membaca surat Al-Ikhlas tiga kali, kesebelas ruku, keduabelas iftidal, ketigabelas sujud, keempat belas duduk diantara dua sujud, kelimabelas sujud, keenambelas tahyat terakhir, ketujugbelas berzikir dan berdoa kepada Allah SWT. Dan setiap gerakan akan saya pandu dengan takbir yang agak keras,” katanya singkat.

Reporter :Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close