NASIONAL

Gempa 6,1 SR, Warga Borobudur Ngungsi Khawatir Tsunami

SIBERNAS.com – Warga di Kompleks Borobudur, Manokwari, Papua Barat, mengungsi karena panik atas gempa berkekuatan 6,1 skala Ricther (SR) yang mengguncang daerah tersebut. Warga takut akan datangnya tsunami.

“Lebih baik cari aman daripada tsunami datang dan kita tidak siap,” kata Lakaidu, seorang warga yang ditemui di Kompleks Borobudur, Jumat (28/12).

Saat ini, kata dia, sebagian anggota keluarga dan kerabatnya sudah mengungsi di tempat yang lebih tinggi. Barang berharga, seperti ijazah, kendaraan, sudah dititipkan di rumah saudara di Reremi. “Saya bertahan di sini untuk jaga perahu,” ujarnya.¬† Dilansir dari Republika.co.id,(28/12).

Borobudur merupakan salah satu kompleks yang berada di pesisir Pantai Manokwari. Di kompleks tersebut, warga tinggal di rumah terapung yang mereka bangun menjorok ke arah laut.

Lihat Juga :  Honorer di Pemerintah Diganti Outsourcing

Gempa berkekuatan 6,1 SR yang terjadi sekitar pukul 12.03 WIT tersebut cukup terasa di wilayah Manokwari dan Manokwari Selatan. Gempa yang terjadi menjelang  waktu shalat Jumat ini berpusat di sebelah tenggara Kabupaten Manokwari Selatan.

“Pusat gempa berada di titik koordinat 1,40 Lintang Selatan, 134,10 Bujur Timur. Berjarak 55 km sebelah Tenggara Manokwari Selatan,” kata Kepala BMKG Manokwari Denny Puttiray.

Ia menyebutkan, pusat gempa ini berada di kedalaman 26 km dan tidak berpotensi tsunami. Dari pantauan Antara, sebagian warga terutama yang tinggal di daerah pesisir saat ini masih berjibaku mengevakuasi diri dan barang berharga mereka ke tempat yang aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *