PALEMBANG

Gelar Seminar Kespro, BKKBN Sumsel Ajak Hindari Sex Bebas

SIBERNAS.com, Palembang – BKKBN perwakilan Sumatera Selatan kembali mengingatkan para orang tua untuk menjauhkan anaknya dari tindak kekerasan, sex bebas sebelum menikah. Selain itu BKKBN juga mengajak semua pemangku kepentingan untuk menjaga anak keturunannya dari bahaya Narkoba dan HIV/AIDS. Hal ini disampaikan oleh Minarti SE dalam seminar Kesehatan Reproduksi melalui Pendekatan siklus hidup manusia yang berlangsung 21-23 November yang baru lalu.

BKKBN perwakilan Sumsel menggelar seminar Kesehatan Reproduksi melalui Pendekatan siklus hidup manusia yang berlangsung 21-23 November yang baru lalu.

“Jadi kita harus menghimbaui para orangtua agar menjaga anak-anaknya sehingga terhindar dari kasus kekerasan,” kata Minarti, Kepala bidang Keluarga berencana dan kesehatan reproduksi (KBKR), BKKBN perwakilan Sumsel. Seminar juga digelar dalam rangka meningkatkan kualitas promosi dan konseling kesehatan reproduksi baik pada fasilitas kesehatan KB maupun pada kelompok kegiatan yang selama ini menjadi sasaran BKKBN dan mitra kerja program KKBPK.

Lihat Juga :  Dapat Nilai Kuning, Pelayanan Publik Pemkot Palembang Kurang Memuaskan

Minarti SE mengatakan dengan adanya kegiatan seminar tersebut,  diharapkan mitra kerja yakni Pengelola Kespro OPD KB Kabupaten Kota, PLKB dan Bidan yang ada di kampung KB, dapat terus menerus melaksanakan promosi dan konseling Kesehatan Reproduksi sehingga dapat membantu masyarakat terutama para ibu agar dapat mengatur kehamilan yang aman dan benar benar diinginkan.

Masyarakat saat ini masih sangat minim informasi mengenai konsep dan pola reproduksi yang sehat, dimana kunci utamanya adalah menghindari 4 terlalu, terlalu muda, terlalu sering, terlalu rapat dan terlalu tua. Minarti juga menekankan agar para mitra kerja membantu masyarakat untuk menjaga kesehatan dan menghindari penularan penyakit menular seksual serta HIV Aids.

Lihat Juga :  5.000 Pendaftar Baru PDAM Tirta Musi Masih Harus Menunggu

Narasumber yang hadir dalam seminar tersebut yakni Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumsel Drs Waspi dengan materi Kebijakan Program Kespro, Sekretaris Badan (Sekban) H Mukminin mengenai pengelolaan Alat Kontrasepsi, Kabid Adpin Nurdin S Sos tentang pengelolaan Kampung KB, dan Kabid Dalduk H Zamhari mengenai pengelolaan Data.

Selain itu juga BKKBN menghadirkan narasumber dari mitra kerja yakni Dinkes, Puskesmas Kampus, IBI, DIknas, Depag, BNN, DInas PP dna PA Provinsi Sumsel, dan Komisi Penanggulangan AIDS.

 

Reporter: Hendrawan M. Rum

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *