PALEMBANG

Forum Perangkat Daerah Sinkronkan Rencana Kerja

SIBERNAS.com, Palembang – Pemkot Palembang menggelar pertemuan Forum Perangkat Daerah. Pertemuan sebagai upaya sinkronisasi rencana kerja (renja) antara pemerintah kota dengan provinsi dan pusat ini dilaksankan di Ruang Parameswara Kantor Pemerintah Kota Palembang, Senin (18/02/2019).

Kepala Bappeda Kota Palembang, Harrey Hadi, mengatakan bahwa hasil forum perangkat daerah ini akan dirumuskan dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh perangkat daerah, dan akan menjadi dasar penyempurnaan renja perangkat daerah.

“Sebelumnya, tahapan musrenbang tingkat kelurahan sudah selesai, masuk musrenbang kecamatan juga sudah selesai, proses mekanisme bottom of planing sudah rampung. Tinggal bagaimana menyinkronkan antara kebijakan pemerintah provinsi dengan pemerintah pusat,” ujarnya.

Forum ini yang akan coba disesuaikan, sehingga pertengahan Maret 2019 Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) akan dilaksanakan. Setidaknya, kata Harrey, terdapat enam prioritas pembangunan. Pertama, pembangunan infrastruktur perkotaan yang terpadu, dan merata berwawasan lingkungan. Kedua, pemerataan kualitas pendidikan. Ketiga, peningkatan akses dan layanan kesehatan.

Lihat Juga :  Banjir Jadi Kolam Renang Dadakan Bagi Anak-Anak di Papera

“Keempat, pembangunan budaya integritas di masyarakat didukung pemerintah yang bersih dan berwibawa, profesional. Kelima, Peningkatan investasi pembangunan ekonomi kerakyatan dan penanggulangan kemiskinan. Keenam, pembangunan kota pariwisata, budaya, dan olahraga harmonis,” katanya.

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harrobin Mustofa, mengatakan  bahwa dalam forum perangkat daerah ini, Pemkot Palembang telah melaksanakan Musrenbang cabang dan kota. Kegiatan ini dilakukan agar apa yang telah dimusyawarahkan dapat sinkron dengan anggaran pemerintah provinsi ataupun pusat.

“Jangan sampai apa yang dilakukan ini percuma. Hari ini minta masukan kembali, dengan mengundang beberapa balai, terutama untuk infrastruktur jalan, mengenai perencanaan ini. Intinya sinkronisasi saja, jangan sampai apa yang dibuat kecamatan, kota, dan provinsi ini tidak sinkron. Prioritas pembangunan infrastruktur,” ujar Harrobin.

Lihat Juga :  Vandalisme dan Pencurian Fasilitas Umum, Pemkot Rugi Ratusan Juta

Reporter : Maya Citra Rosa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open