WISATA DAN BUDAYA

Festival Sungai Sekanak Lambidaro Digelar Akhir Bulan ini

Sibernas.com, Palembang-Selesainya restorasi Sungai Sekanak Lambidaro segmen Kerambah Karang – Jembatan PIM sepanjang 800 meter akan dilaunching dengan menggelar festival.

Festival akan dilaksanakan di Sungai Sekanak, tepatnya di deretan Rusun 26 Ilir. Meskipun pengerjaan sudah rampung, saat ini tengah dilakukan penataan dan perapian sebelum waktu launching tiba.

Kepala BBWS Wilayah VIII Maryadi Utama mengatakan, konsep yang akan dihadirkan dalam festival sungai sekanak-lambidaro ini lebih ingin mencontohkan kepada masyarakat ini penanganan non struktural.

“Jadi nanti kita akan mencontohkan Forkompinda untuk turun ke sungai mengambil sampah yang ada di sungai lalu akan menanam pohon penghijauan disekitar pinggiran sungai,” katanya usai rapat koordinasi dengan Pemkot Palembang, Kamis (13/1/2022).

Lihat Juga :  Bahan 4 Batu Nisan Kuno Ditemukan di Galian Proyek IPAL ini Dipesan Khusus di Zamannya

Nantinya akan ada fashion show dari para bujang gadis dari atas perahu di Sungai Sekanak itu. Mereka akan berdiri di atas perahu menunjukkan produk pakaian yang dikenakannya.

“Dan juga kita akan hadirkan banyak UMKM, kerajinan kriya dan masih banyak lagi,” katanya.

Untuk progres saat ini, akan dilakukan lagi tahap kedua senilai Rp98 miliar dari segmen jembatan PIM ke DPRD Sumsel.

“Dengan panjang 1,6 KM yang akan kita mulai awal Maret setelah lelang,” katanya.

Walikota Palembang Harnojoyo mengungkapkan, saat ini pihaknya lagi komunikasi dengan Dirjen yang akan dibuka sekaligus festival Sekanak-Lambidaro ini.

“Kita masih koordinasikan ini kapan pihak Dirjen akan datang langsung datang untuk meresmikan sekanak -lambidaro ini hanya menunggu jadwal saja,” katanya.

Lihat Juga :  29-30 Januari, Sekanak Lambidaro Dilaunching Dengan Festival Sungai

Ia mengatakan, ditargetkan dalam bulan ini akan segera dilaunching dan dibuat Festival Sungai Sekanak Lambidaro ini bersama dengan BBWS VIII.

“Dalam festival ini kita akan hadirkan berbagai macam pertunjukan yang akan ditampilkan,” katanya.

Tak hanya itu, Pedestarian Sudirman juga akan dipindahkan di tempat tersebut sehingga setiap weekend malam Sabtu dan Minggu akan dipusatkan di sana.

“Selama ini Pedestarian Sudirman kita tutup pandemi Covid-19 dan juga mengganggu arus lalu lintas. Makanya akan kita pindahkan ke sana semua,” katanya.

Reporter: Pitria
Editor: Ferly M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *