BERITA UTAMAPALEMBANG

Disdik Sumsel Dorong Sekolah Maksimalkan Lulusan SMK Pertanian

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Sebagian masyarakat di Sumatera Selatan (Sumsel) banyak bercocok tanam. Kondisi ini diharapkan menjadi peluang bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk memaksimalkan lulusannya.

Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo, MPd, mengatakan, di Sumsel terdapat tiga SMK Pertanian yang ada di Banyuasin dan Musi Banyuasin.

“Kita ingin mereka menghasilkan lulusan yang terbaik dan bisa menjadi SDM di Sumsel dalam rangka mengembangkan inovasi pertanian di Sumsel,” kata Widodo, Kamis (18/4/2019).

Diakui Widodo, Sumsel tengah konsen dalam memetakan lulusan SMK yang benar-benar siap kerja, siap berinovasi dan siap memanfaatkan peluang daerahnya.

“Seperti misalnya sebagian besar kita di Sumsel adalah kelapa sawit, nah itu belum lama ini sudah kita buka SMK yang konsen di paket keahlian pertanian kelapa sawit,” urainya.

Lihat Juga :  Flyover Simpang Sekip Bakalan Macet, BBPJN Siapkan Pengaturan Lalulintas

Widodo mengaku, lulusan SMK juga tak harus langsung bekerja. Bagi mereka yang ingin memperdalam tentang studinya bisa mengambil kuliah yang linier dari paket keahlian yang diikuti selama SMK.

“Seperti SMK Pertanian misalnya, silakan lanjut ke perguruan tinggi. Toh banyak sekarang kampus yang membuka jurusan vokasi,” tambahnya.

Hanya saja pada era keterbukaan ini, jika sudah masuk jenjang kuliah vokasi, perguruan tinggi harus benar-benar mampu menciptakan lulusan yang profesional.

“Universitas selaku penyedia jasa dan mencetak lulusan harus profesional dan sesuai dengan kebutuhan inovasi yang ada terutama di Sumsel. Terpenting bagi para siswa-siswa SMK yang kemudian akan kerja atau melanjutkan ke universitas vokasi diharapkan bisa kembali ikut berkontribusi dan berinovasi dengan peluang yang ada di Sumsel, termasuk peluang inovasi pertanian,” tutupnya.

Lihat Juga :  Mobil Toyota Rush Tabrak Pengendara Motor Hingga Terpental di Sekip Palembang

Editor : Zahid Blandino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *