LIFESTYLE

Diresmikan, Jalur Sepeda 6 Km Bisa Digunakan Setiap Hari

Sibernas.com, Palembang-Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang telah meresmikan jalur khusus sepeda rute Kambang Iwak (KI) – Palembang Square (PS) Mall, Minggu (11/10/2020). Jalur sepanjang 6 kilometer (KM) itu dapat digunakan setiap hari.

Secara rinci, jalur tersebut yakni Kambang Iwak – Jl tasik – Jl Kiringgo Wirasantiko – Jl Kapt. A Rivai – Jl Pom IX – Jl Sumpah Pemuda – Jl Angkatan 45 (PS Mall) – Jl Kapt. A Rivai – Jl Ahmad Dahlan – Jl Tasik (Kambang Iwak). Jalur ini bisa dioperasionalkan setiap hari. Mulai dari jam 05.00 WIB – 10.00 WIB dan 15.00 WIB – 19.00 WIB.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, karena terus berkembangnya pecinta sepeda di Palembang maka perlu ada pengaturan yang dilakukan pemerintah, salah satunya adalah menyediakan jalur khusus sepeda.

Lihat Juga :  Jaga Imun Tubuh Dengan Jamu Tradisional Imboost

“Untuk jalur ketiga ini, memiliki panjang track sejauh 6km mulai dari Kambang Iwak sampai ke Jalan Angkatan 45. Kita akan terus menambah jalur khusus sepeda, karena memang jumlah pesepeda di kota ini terus bertambah,” kata Harnojoyo.

Ia mengatakan, disiapkannya jalur khusus sepeda ini merupakan Corprate Social Responbility (CSR) Bank Sumsel Babel.

“Ke depan kita akan membangun dua jalur lagi, Kambang Iwak – BKB dan BKB – Jakabaring. Kami memohon dukungan dari perusahaan-perusahaan lain untuk mewujudkan dua jalur sepeda lagi,” tambah dia.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Agus Rizal mengatakan, ada tiga jalur sepeda di Kota Palembang, tapi diresmikan satu jalur karena keterbatasan anggaran. Pihaknya telah memasang rambu-rambu lalulintas sepeda di sepanjang jalur khusus sepeda.

“Total rute sepeda ini ada 22km dengan pembagian 3 jalur,” katanya.

Lihat Juga :  Jaga Imun Tubuh Dengan Jamu Tradisional Imboost

Rute 1 (4km) : Jl Tasik (Kawasan Kambang Iwak) – Jl Merdeka – Simpang Kantor Walikota – Jl Rumah Bari – Jl Palembang Emas Darussalam (kawasan wisata BKB) – Jl Sekanak – Jl Merdeka – Jl Tasik.

Rute 2 (12km) : Jakabaring Sport City – Jl Gubernur H Bastari – Jl HM Ryacudu – Jembatan Ampera – Jl Merdeka – Jl Rumah Bari – Benteng Kuto Besak (BKB).

Agus mengatakan, kendaraan bermotor dilarang masuk ke area selama operasional jalur sepeda. Pihaknya pun akan melakukan patroli dalam penertiban demi keamanan para pesepeda.

“Ini akan kita sosialisasikan agar pada saat jam tertentu tidak ada kendaraan bermotor yang parkir termasuk melintasi jalur sepeda, demi keamanan para pesepeda,” tuntasnya.

Reporter: Kamayel Ar-Razi
Editor: Zahid Blandino

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close