SUMSEL

Dinas Kehutanan Sumsel Galakkan Program Rehabilitasi DAS

Sibernas.com, Palembang-Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel terus menggalakkan Program rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di beberapa daerah di Provinsi Sumsel.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel Ir Pandji Tjahjanto mengatakan, rehabilitasi DAS merupakan salah kewajiban Pemegang Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH). Luas pemegang IPPKH yg belum melakukan penanaman seluas 26.034,88 ha terdiri dr 20 IPPKH, yang sedang melakukan proses penanaman 4.171,1 ha terdiri dari 15 IPPKH, yang sudah melakukan serah terima 1.506,98 ha terdiri dr 9 IPPKH.

“Untuk rehabilitasi DAS juga ada yang dari APBN yang dilaksanakan oleh BP DAS Musi,” ujarnya.

Untuk lokasi rehabilitasi DAS di Provinsi itu diprioritaskan dilakukan di lahan kritis seperti hutan lindung dan hutan mangrove. Seperti misalnya untuk hutan lindung itu ada di daerah Semendo Kabupaten Muaraenim, untuk gambut dan mangrove di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Musi Banyuasin (Muba).

Lihat Juga :  Deru Ajak STIHPADA Literasikan Pengaplikasian Dasar-Dasar Hukum ke Masyarakat

Pandji berharap dengan adanya rehabilitasi DAS dapat bersinergi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk juga bibit-bibit yang ditanam diharapkan dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kegiatan rehabilitasi DAS ini akan diserahkan oleh pemegang Ijin pakai kawasan hutan kepada pemerintah. Selanjutnya jika sudah menghasilkan dapat dikelola masyarakat secara bersama melalui skema perhutanan sosial yang hasilnya untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (19/10/2021).

Reporter: Yanti
Editor: Ferly M

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close