BERITA UTAMAPOLITIK

Diduga Bagi-bagi Uang, Caleg DPR RI Dilaporkan ke Bawaslu

SIBERNAS.com, PALEMBANG-Seorang calon anggota legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) berinisal KHM, dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumsel, Senin (22/4/2019), karena diduga melakukan money politik atau politik uang.

Pelapor bernama Rizal, warga Desa Ujung Tanjung, Banyuasin III. Dalam laporannya Rizal menyebut, jika caleg dari daerah pemilihan (Dapil) Sumsel I itu, menggunakan money politik.

“Dugaan money politik ini dilaksanakan pada tanggal 6 April 2019, dengan uang senilai Rp750 ribu dan kain, yang akan dibagikan untuk warga sekitar Banyuasin,” kata Rizal yang diwawancarai saat melapor ke Bawaslu Sumsel.

Ia mengaku kecewa dengan caleg yang bermain money politik. Selain itu, sejumlah pemerintah desa juga diduga terlibat, termasuk 26 desa di Kecamatan Banyuasin III, khususnya Kepala Desa Ujung Tanjung.

Lihat Juga :  Golkar Sumsel Tetap Solid Dukung Airlangga Hartarto

“Karena itu kami melaporkan caleg dan perangkat desa yang terlibat termasuk kepala desanya. Kepada Bawaslu, Panwaslu agar menindak tegas hal ini, karena kami menginginkan Pemilu ini berlangsung Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia (Luber),” tukasnya.

“Kami mengharapkan kepada Bawaslu agar pihak terkait untuk enindak tegas caleg-caleg yang terindikasi melakukan money politik, termasuk perangkat-perangkat desa yang ikut terlibat dalam kasus ini,” harap Rizal.

Saat dikonfirmasi, Kasubag Humas Bawaslu Sumsel Karlisun mengatakan, menerima semua laporan dari masyarakat. Laporan tersebut akan tindaklanjuti oleh Bawaslu yang membidangi pelanggaran. Jika sudah ada hasilnya maka Bawaslu akan memberikan rilis secara terbuka.

“Semua sudah kami terima dan akan kami proses, akan kami pelajari sesuai undang-undang. Apakah memenuhi unsur baik itu pidana ataupun pelanggaran. Semua barang bukti, saksi dan kejadiannya akan kita pelajari, memungkinkan atau tidak semua akan dipelajari,” tutupnya.

Lihat Juga :  Golkar Sumsel Tetap Solid Dukung Airlangga Hartarto

Reporter : Deni Wahyudi

Editor : Zahid Blandino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *