PALEMBANG

Dicari, Camat Terbaik di Kota Palembang

"Kami sangat serius dalam penilaian camat ini.  Jadi,  kami tidak memandang sebelah mata karena Camat itu salah satu komponen yang sangat penting," kata Kabag Tata Pemerintahan Pemkot Palembang, Herly Kurniawan.

SIBERNAS.com,  Palembang – Pemerintah Kota Palembang akan memilih kecamatan terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, selama beberapa waktu, tim penilai yang dibentuk Pemkot Palembang mengunjungi semua wilayah kecamatan se-Kota Palembang.

Salah satu kecamatan yang dikunjungi tim adalah Kecamatan Ilir Barat (IB) II. Menurut Kabag Tata Pemerintahan Pemkot Palembang, Herly Kurniawan, sistem penilaian tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya.

Camat Ilir Barat II Palembang, A. Halim Machmud, S.E., M.M., memaparkan Profil dan Hasil Kinerja Camat di Aula Kantor Camat IB II, Senin (5/11/2018). Foto: Muhammad Fadli

“Penilaian camat kali ini berbeda,  karena sudah diperbaharui dari segi tim penilai,” kata Herly, Senin (5/11/2018).

Para juri yang dipilih adalah tim independen, sehingga tidak dapat dipengaruhi oleh siapa pun. Dewan juri adalah dosen Fisip Unsri, Drs. Lenardo, M. Sc, Dr. Ir. Dewi Kartinik,  M. Sc.,  dan Dr. Edward; Dewan Koperasi Sumsel, Hj. Wisna Hasni; Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Febrian Heri; perwakilan media cetak Sripo, H. Salman Rasyidin dan Riadi Priansyah;  Sumeks, Ibnu Kholdun dan Rendi Kurniawan, media daring Rmol Raden;  Kegiatan Pembinaan Keagamaan, Drs. Marzuki Tarmizi dari MUI;  Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, Pretty Mardian dan Dr. Fauziah;  Pelayanan Publik, Raden Wisnu;  Keamanan dan Ketertiban, Iptu Junaidi dan Ipda Rasmira;  Ikatan Dokter Indonesia, dr. Hj. Emaludita,  M.KM; Karang Taruna, Yuda;  Himpunan Kesehatan Masyarakat, Eni Gustina, M. PH,  dan pendidikan dari Universitas PGRI, Mulyadi,  S.Ag.

Lihat Juga :  Harkitnas 2022, Waktunya Bangkit dari Krisis Ekonomi

“Kami sangat serius dalam penilaian camat ini.  Jadi,  kami tidak memandang sebelah mata karena Camat itu salah satu komponen yang sangat penting,” kata Herly.

Audiens menyimak serius paparan yang disampaikan Camat IB II, A. Halim Macjmud, S.E., M.M., Senin (5/11/2018). Foto: Muhammad Fadli

Tim penilai akan berkeliling ke seluruh Kecamatan Kota Palembang selama sepuluh hari.  Pada hari ke-10, akan diadakan sidang pleno terbuka. Penentuan juara di Hotel Swarna Dwipa,  16 November mendatang. “Hasil akhir penilaian mutlak ditentukan tim penilai,  karena panitia melimpahkan semua kewenangan kepada mereka,” katanya.

Kehadiran tim penilai disambut jajaran Kecamatan IB II, tujuh kelurahan, Kepala KUA, Kepala Puskesmas,  Kodim, dan Polresta Ilir Barat II. Camat IB II, A. Halim Machmud,  S.E., M.M memberikan paparan tentang Profil dan Hasil Kinerja Melayani Masyarakat kepada tim penilai. Juga diadakan sesi tanya jawab.Selanjutnya, tim turun ke lapangan didampingi pegawai kecamatan yang berkompeten unyuk menilai secara lengkap disertai rincian dokumen yang ada.

Lihat Juga :  Harkitnas 2022, Waktunya Bangkit dari Krisis Ekonomi

Aspek yang dinilai meliputi  penyelenggaraan urusan pemerintahan umum, kesra (keagamaan, pemuda, dan olahraga),  pelayanan publik, pemeliharaan dan perencanaan sarana prasarana umum, kemananan dan ketertiban, serta kebersihan, lingkungan hidup, dan sanitasi.

Program gotong royong dan salat subuh berjemaah menjadi program unggulan Kecamatan IB II Palembang.

“Anak-anak Sungai Musi di Ilir Barat II sangat memprihatinkan karena banyaknya sampah. Ini adalah gerakan moral kita,” kata Halim, saat diwawancara.

Reporter: Muhammad Fadli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *