SUMSEL

Deru: Siap jalankan Intruksi, Namun Penerapannya Berbeda Tiap Daerah

Sibernas.com, Palembang- Sebagai respon dari perintah Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo agar Kepala Daerah Konsisten menegakan Protokol kesehatan Covid-19. Untuk itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian menerbitkan intruksi penegakan peraturan Protokol Kesehatan (Prokes) kepada Kepala Daerah baik Gubernur, Walikota ataupun Bupati untuk mengendalikan Covid-19. Intruksi tersebut tertuang dalam intruksi Mendagri nomor 6 tahun 2020.

Didalam intruksi tersebut kepala daerah diminta Konsisten terhadap penegakan Protokol kesehatan jika tidak kepala daerah bisa terancam kehilangan jabatan.

Menanggapi Intruksi ini, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru mengatakan apa yang disampaikan Presiden dan Mendagri itu sebagai warning kepada seluruh pemimpin daerah agar tetap memperhatikan warga yang dipimpin dengan protokol kesehatan yang ketat. “Kita sebagai pemimpin harus berikan contoh antara lain masker, menghindari kerumunan yang tanpa physical distancing,” katanya saat diwawancarai, Kamis (19/11/2020).

Lihat Juga :  Angka Kematian Covid19 di Sumsel Capai 5,3 persen

Lanjutnya, jika setiap daerah tentu tidak sama kondisinya jadi penerapannya juga tentu berbeda. Sedangkan di Sumsel dirinya telah menerapkan Pergub Nomor 37 tahun 2020 terkait penegakan Protocol Kesehatan. “Saya menyikapi itu dengan penuh rasa hormat dan punya arti bahwa perlindungan masyarakat yang utama¬† meskipun sekali lagi saya ulangi permasalahan tidak sama antar provinsi jadi tentu para pemimpin harus juga fleksibel untuk menyikapi maslahah aturan yang ada Karena kita tidak hanya fokus pada satu aspek medis tapi juga ekonomi harus berjalan dengan baik harus kita siasati dengan cara-cara yang tetap memberikan perlindungan kepada kesehatannya tapi juga kita juga harus menyentuhnya dengan cara yang sangat bijak untuk memulihkan ekonomi,” ujar Deru

Lihat Juga :  Gubernur Sumsel Sarankan KPU Cantumkan Jam Kehadiran di C6

Redaktur : Maulana

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close