BERITA UTAMANASIONAL

Dari Palembang ke Kayuagung, Kini Hanya 45 Menit Saja

SIBERNAS.com, KAYUAGUNG-Pemerintah memastikan Tol Trans Sumatera dari Bakauheni, Lampung ke Jakabaring, Palembang bisa digunakan saat mudik lebaran 2019.

Khusus ruas tol Kayuagung-Palembang sepanjang 33,5km akan memangkas jarak tempuh Kayuagung-Palembang sejauh 62km menjadi 33,5km. Atau dari waktu tempuh dua jam menjadi 45 menit saja.

“Dari Terbanggi (Besar) sampai Pematang ini ada dua lajur baik dari Bakauheni ke sini maupun sebaliknya. Dari Pematang Panggang sampai ke Kayuagung Langsung ke Jakabaring itu sudah bisa dicapai namun satu jalur. Mudah-mudahan fungsionalisasi tol bisa bantu masyarakat lebih baik mudiknya,” ucap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Basuki Hadimuljono saat meninjau langsung ruas tol PPKA IV A Desa Celikah Kecamatan Kayuagung.

Lihat Juga :  Abaikan Peraturan Pemerintah, Harga Minyak Goreng di Pasar Tradisional Masih Mahal

Menteri Basuki menjelaskan, secara total ruas tol PPKA-Palembang memang belum bisa langsung dioperasionalkan karena pengerjaan ruas tol sebagian masih dalam proses. Adapun ruas tol Pematang Panggang-Kayuagung ini ditarget selesai akhir Juli 2019, untuk ruas tol Kayuagung Palembang ditarget selesai Oktober 2019.

Tol fungsional bisa digunakan pemudik pada pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB. Namun bisa juga berubah sesuai kondisi lapangan.

“Ini operasional dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB, kecuali kalau ada hal urgen dan dengan rambu khusus dan dikawal dan sebagainya bisa digunakan malam,” ucap Basuki.

Senior VP Presiden PT Waskita Karya, Heri Susanto menambahkan, untuk Jalur Kayuagung-Jakabaring sepanjang 33,5km sebagian besar sudah teraspal dan menyisakan 4km masih agregat  tepatnya di STA 13 dan STA 17. Meski  agregat, Heri memastikan, jalan bisa dilalui dan tidak berdebu.

Lihat Juga :  Kabar Gembira! Tenaga Honorer Akan Diangkat Jadi PNS, ini Syaratnya

Editor : Zahid Blandino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *