LIFESTYLE

Cara Membersihkan Kerak di Rantai Motor

SIBERNAS.com– Rantai adalah komponen penting pada sepeda motor transmisi manual yang tugasnya menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang. Komponen ini juga perlu perawatan yang bisa dilakukan sendiri dengan cukup mudah.

Mengutip situs resmi Suzuki Indonesia, cara membersihkan rantai bisa dilakukan memakai bahan aman dan sederhana.

Bahan yang dibutuhkan yakni minyak tanah atau jika tak ada bisa dengan sabun cuci piring. Bahan lainnya yaitu bensin, sikat gigi, dan kuas.

Setelah bahan siap, bersih-bersih dimulai dari memposisikan motor dengan standar tengah. Kemudian oleskan bensin pada permukaan rantai untuk merontokkan kerak dan kotoran pada rantai dan gir.

Fungsi pengolesan bensin pada permukaan rantai ini hanya sebagai pembersihan pertama. Selanjutnya rantai perlu dibersihkan kembali menggunakan minyak tanah atau sabun cuci piring ke permukaan rantai lalu diamkan sesaat.

Setelah itu gosok rantai dengan sikat gigi bekas secara perlahan sampai kotoran dan sisa oli pada rantai tersebut hilang.

Pembersihan menggunakan minyak tanah atau sabun cuci piring bisa dilakukan berulang kali hingga sebagian besar kotoran rontok.

Setelah bersih keringkan rantai dengan kain kering. Lalu lumasi rantai dan gir dengan cairan khusus rantai atau chain lube.

Usai bersih jangan lupa kencangkan kembali rantai yang kendur. Selain itu cek juga bagian mata gir, bila sudah terlihat sangat runcing tajam disarankan(sumber: cnnindonesia.com)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close