LIFESTYLE

Bisa Meningkatkan Imunitas, Daun Kelor Dipercaya Mampu Melawan Corona

Sibernas.com, Palembang-Pencegahan infeksi Virus Corona bisa dilakukan dengan meningkatkan imunitas. Karena, sampai detik ini belum ada obat yang mujarab menyembuhkan paparan Covid-19.

Namun, Indonesia yang kaya akan tanaman herbal ini memiliki khasiat yang bisa jadi alternatif melindungi tubuh dari Virus Corona. Tanaman herbal juga memiliki keampuhan untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas.

Beberapa tanaman herbal yang dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah virus dan melawan infeksi yang terjadi. Salah satunya adalah daun kelor.

Daun kelor memiliki kandungan asam amino dan antioksidan di dalamnya membuat daun kelor dipercaya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Bukan hanya itu saja, antioksidan dan kalori yang rendah pada daun kelor dipercaya mampu menghambat perkembangan mikroorganisme atau patogen penyebab penyakit dalam tubuh.

Dilansir dari kompas.com, dari hasil analisis menunjukkan bahwa daun kelor memiliki kandungan gizi yang sangat penting untuk mencegah berbagai macam penyakit. Tanaman ini mengandung semua unsur asam amino essensial yang sangat penting, yakni unsur argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine.

Selain itu, daun kelor juga mengandung protein, lemak, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Kecuali vitamin C, semua kandungan gizi yang terdapat dalam daun kelor segar akan mengalami peningkatan (konsentrasinya) jika dikonsumsi setelah dikeringkan dan dihaluskan dalam bentuk serbuk.

Lalu apa kata dokte? dilansir dari alodokter.com, dr Iranita menjawab pertanyaan tentang penggunaan daun kelor. Kata dia, daun kelor memang cukup terkenal berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Lihat Juga :  Migrasi ke Tv Digital, Ini 13 Set Top Box yang Dapat Sertifikat Resmi dari Kemkominfo

Berdasarkan Kemenkes mengenai Pemanfaatan Obat Tradisional untuk pemeliharaan kesehatan pencegahan penyakit dan perawatan kesehatan daun kelor termasuk dalam salah satu obat herbal yang diduga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Umumnya cara pembuatannya adalah dengan rebus air hingga mendidih masukkan daun kelor lalu saring sesudah dingin.

“Namun untuk penelitian langsung mengenai manfaat daun kelor terhadap proses penyembuhan Covid penelitiannya masih terbatas. Tetapi jika anda ingin mengkonsumsi daun kelor pun tidak masalah selama anda tidak mengalami keluhan seperti nyeri perut, panas perut, diare mual ataupun muntah. Jika ada keluhan yang menganggu setelah mengkonsumsi obat herbal tersebut sebaiknya anda stop untuk mengkonsumsi,” kata dr Iranita.

Berikut manfaat daun kelor:

1. Menurunkan kadar gula darah

Daun kelor bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, belum banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat daun kelor dalam hal ini.

2. Kaya antioksidan

Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2, hingga penyakit jantung.

3. Baik untuk wanita menopause

Daun kelor yang dikonsumsi dalam bentuk bubuk, dipercaya bisa membantu meningkatkan kadar antioksidan pada wanita yang telah mengalami menopause.

Pada usia menopause, kadar antioksidan di tubuh memang akan menurun akibat berkurangnya produksi hormon estrogen. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaat daun kelor tersebut.

Lihat Juga :  Awas, Barang ini Potensi Meledak Saat Disimpan di Laci Mobil

4. Meredakan peradangan

Daun kelor mengandung isotiosianat, yang merupakan zat antiperadangan. Sehingga, tumbuhan ini dipercaya bisa membantu meredakan peradangan yang terjadi di tubuh.

5. Melindungi tubuh dari keracunan arsen

Pada penelitian yang dilakukan di hewan uji, daun kelor disebut bisa melindungi tubuh dari racun arsenik, yang tidak jarang bisa masuk ke tubuh melalui kontaminasi makanan dan air.

6. Menurunkan kolesterol

Manfaat daun kelor yang disebut bisa membantu menurunkan kolesterol, membuatnya menjadi incaran banyak orang. Pada daun kelor, efek penurun kolesterolnya disebut mirip dengan almond dan oats.

7. Baik untuk daya ingat

Kandungan antioksidan serta zat-zat kimia yang ada dalam daun kelor, dipercaya bisa meredakan stres dan peradangan di otak. Hal ini membuatnya baik untuk meningkatkan daya ingat.

8. Membantu mengatasi kanker

Manfaat daun kelor lain yang tak kalah hebat adalah kemampuannya dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini membuat daun kelor juga berguna dalam membantu kemoterapi lebih efektif.

9. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam daun kelor membuatnya dipercaya bisa membantu mencegah anemia.
Meski begitu, penelitian lebih jauh masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kelor ini.

10. Baik untuk jantung

Ekstrak daun kelor, disebut berpotensi mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di tubuh.

Editor: Ferly M

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close