SUMSEL

Berkunjung Ke Palembang, Jokowi dan Istri Diberi Gelar Adat Komering

SIBERNAS.com, Palembang – Kunjungan Presiden RI Joko Widodo dan Istri Iriana Jokowi ke Palemang terasa spesial, pasalnya orang nomor satu di Indonesia ini mendapat gelar kehormatan adat komering, atau gelar, adok, jajuluk, golar adat Komering.

Pembacaan gelar, adok, jajuluk, golar sendiri dibacakan Pemamgku majelis tinggi adat Komering Romli Mustika Ratu, untuk Presiden RI Joko Widodo yang diberi adok atau jajuluk atau golar Raja Balak Mangku Negara, sementara untuk sang istri Iriana Joko Widodo diberi adok atau jajuluk atau golar Kunay Ratu Indoman.

Dalam pemberian gelar tersebut Romli mengatakan, Raja Balak Mangkunegara, yang berarti raja agung memegang kekuasaan tertinggi Republik Indonesia.

Lihat Juga :  Monpera Kembali Dibuka 29 Januari, Banyak Hal Baru

Sementara itu, Iriana Joko Widodo mendapat gelar Ratu Indoman yang berarti memberikan perlindungan keluarga dan masyarakat, pengayom rakyat Indonesia.

Seperti dilansir dari globalplanet.news,(26/11/2018), Pemberian gelar adat ini biasanya diberikan kepada mereka yang baru saja menikah dari masyarakat komering. Gelar adat juga dapat diberikan kepada tokoh atau orang yang dihormati.

ASelain pemberian gelar adat komering Joko Widodo dan Iriana Jokowi juga menerima kamus bahasa Komering.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *