EDUKASI

Beberapa Kali Gagal, Siswa SMKN1 Palembang Berhasil Ciptakan Inovasi Penguat Sinyal

Sibernas.com, Palembang-Setelah beberapa kali gagal, siswa SMK Negeri 1 Palembang berhasil membuat produk inovasi One Net, yaitu alat penguat sinyal untuk di daerah blank spot (tidak tersentuh sinyal).

Kepala SMK Negeri Kota Palembang Suparman, SPd, MSi, mengatakan, inovasi SMK Negeri 1 Palembang adalah penguat sinyal yang diberi nama One Net.

One Net ini penguat sinyal di daerah blank spot yang diperkuat melalui ruter dibagi dengan bandwith dan disalurkan dengan voucher-voucher. Jangkauannya bisa mencapai 200 meter. Alat ini bisa menarik sinyal di daerah blank spot sehingga ada sinyal. Tapi penyalurannya bukan pakai password tapi dengan kode voucher,” ujarnya saat diwawancarai di Pameran Inovasi dan Kreativitas SMK di halaman DPRD Sumsel, Kamis (19/11/2021).

Lihat Juga :  Pameran Produk Inovasi dan Kreativitas Siswa SMK di Sumsel Mendapatkan Rekor MURI

One Net ini, kata dia, bisa digunakan sekolah di pedesaan. Ini bisa berbayar untuk perawatan seperti pembelian voucher. Alat ini sudah diuji coba di daerah Banyuasin.

Suparman menjelaskan, penguat sinyal One Net ini intinya pembelajaran bagi siswa SMK Negeri 1 Palembang. Kalau memang dibutuhkan di daerah yang blank spot, bisa diproduksi massal dengan menggandeng Kominfo.

Jika di sekolah ada ada laboratorium bisa pakai Local Area Network (LAN). One Net bisa dipakai siswa di sekitar sekolah, yang dibuat ini bisa diakses sekitar 30 telepon seluler (ponsel) secara bersamaan. Jika semakin besar bandwith-nya maka semakin banyak ponsel yang dapat mengaksesnya secara bersamaan.

“Dengan adanya alat ini, di daerah blank spot maka sinyalnya diperkuat. Di daerah blank spot yang tidak terjangkau BTS dengan alat ini ditarik sinyalnya,” kata Suparman.

Lihat Juga :  74 Sekolah dan Madrasah Ikuti Perlombaan Sumatera Robotic Competition 2021

Dia berharap, One Net ini bisa bermanfaat di daerah pinggiran yang sinyalnya naik turun. Alat ini dibuat oleh siswa jurusan Manajemen kolaborasi dengan Teknik Komputer dan Jaringan.

Sementara itu Guru TKJ SMK Negeri 1 Palembang Selfia Damayanti menambahkan, produk One Net ini merupakan karya siswa saat lomba signal booster.

“Merakitnya tidak lama, uji cobanya sekitar 3-4 kali. Saat ada yang kurang, ditambah lagi lagi alatnya, yang perlu perbaikan sistem ya kita perbaiki lagi. Ini cara mengaksesnya dengan sistem voucher,” katanya.

Reporter: Yanti
Editor: Ferly M

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close