SUMSEL

Bayi Kembar Siam Dua Kepala Dalam Satu Tubuh Lahir di RSUP Mohammad Hoesin Palembang

Sibernas.com, Palembang-Bayi kembar siam dengan kondisi memiliki dua kepala dalam satu tubuh dilahirkan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Mohammad Hoesin Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/1/2022).

Usai berhasil dilahirkan, bayi kembar siam tersebut langsung menjalani perawatan di ruang Neonatal Intensive care Unit (NICU). Sedangkan sang ibu dalam kondisi stabil dan sedang masa pemulihan.

Dr Abarham Martadiansyah, SpOG, yang melakukan operasi sesar bayi kembar siam mengatakan, dari awal kehamilan 16 minggu sudah terdiagnosis kembar siam dengan dua kepala dalam satu tubuh.

“Kembar siam dengan dua kepala, dengan kondisi tulang belakang menyatu sampai setinggi dadanya. dari tulang belakang dada bawah sampai kebawah itu seperti bayi yang normal. Punya dua kaki, dua tangan, satu jantung, satu hati, dua ginjal, satu kantung kencing,” katanya.

Lihat Juga :  Monpera Kembali Dibuka 29 Januari, Banyak Hal Baru

Namun, pada bagian tulang belakang (torakal) setinggi tulang dadanya bercabang sampai ke tulang leher dan ada dua kepala. Dia mengatakan, sejak kehamilan 16 minggu tim dokter merawat dan dilakukan kontrol secara teratur sehingga pada usia 38 minggu dapat dilahirkan.

“Selanjutnya ibunya akan kita beri perawatan seperti biasa, tetapi pada anak. Kita akan memberikan perawatan secara intensif terutama pada kelengkapan organ-organnya dan akan dilakukan penilaian. Apakah dengan organ yang ada itu bisa menghidupi kedua bayi tersebut,” katanya.

Reporter: Tri Jumartini
Editor: Ferly M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *